DKP Pekanbaru Kucurkan Bantuan Peralatan untuk Tingkatkan Kreativitas Kampung Pangan Padang Bulan

DKP Pekanbaru Kucurkan Bantuan Peralatan untuk Tingkatkan Kreativitas Kampung Pangan Padang Bulan
Penyerahan setifikat pelatihan mengolah pangan lokal kepada pelaku usaha kuliner olahan pangan lokal di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan.

Riauaktual.com - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung Kampung Pangan Lokal dengan menyediakan bantuan peralatan. Pada Rabu (20/11/2023) kemarin, Kepala DKP Pekanbaru, H. Maisisco, menyerahkan peralatan pengolah pangan lokal kepada kelompok Kampung Pangan di Padang Bulan, Kecamatan Senapelan.

Bantuan meliputi oven bertingkat, mixer, blender, kompor gas, tabung, dan kelengkapan lainnya. Serah terima peralatan ini dilakukan oleh H. Maisisco dan disaksikan oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Kelompok Kampung Pangan Padang Bulan, ibu Reni, Sekretaris Kecamatan Senapelan Raisah Vinora Putri, Lurah Padang Bulan Yesi Sartika, serta RT dan RW setempat.

Dalam arahannya, H. Maisisco mendorong agar peralatan ini dijaga dan dimanfaatkan bersama untuk meningkatkan kreativitas hasil olahan pangan lokal di kelompok ini. Dia berharap dengan peralatan yang lebih baik, kreativitas para pelaku UMKM di Kampung Pangan ini dapat berkembang lebih pesat, menghasilkan komoditas pangan lokal unggulan di Kota Pekanbaru.

''Kami berharap ini bisa menstimulasi, memberikan motivasi lebih kepada para ibu di dalam kelompok kampung pangan ini untuk lebih berkreasi menghasilkan olahan pangan yang lebih baik dan lebih kreatif,'' kata H. Maisisco.

Selain itu, Maisisco menekankan pentingnya memenuhi standar keamanan dan kebersihan pangan agar dapat diterima oleh masyarakat. Dia juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah kecamatan dan kelurahan serta berharap adanya kerja sama untuk memajukan usaha pangan lokal.

Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Pekanbaru, Dinal Husna, yang juga hadir dalam acara tersebut, menyatakan kekagumannya terhadap kreativitas kaum ibu di kelompok kampung pangan ini. Dia berharap pangan-pangan lokal dari Padang Bulan dapat di-branding dan menjadi oleh-oleh khas Kota Pekanbaru.

Reni, Ketua Kelompok Kampung Pangan Padang Bulan, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pekanbaru atas bantuan peralatan ini. Dia mengungkapkan rencana untuk tidak hanya fokus pada produksi pangan olahan, tetapi juga strategi pemasaran agar produk lebih dikenal di masyarakat.

#Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index