Current Date: Jumat, 27 September 2024

Kejari Kuansing Ajak Pelajar Saksikan Pemusnahan Narkoba sebagai Edukasi Bahaya Penyalahgunaan

Kejari Kuansing Ajak Pelajar Saksikan Pemusnahan Narkoba sebagai Edukasi Bahaya Penyalahgunaan
Kejari mengundang para pelajar untuk menyaksikan langsung proses pemusnahan narkoba.

Riauaktual.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuantan Singingi (Kuansing) melaksanakan pemusnahan barang bukti (BB) dari kasus tindak pidana umum (Pidum) yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht). Berbeda dari pemusnahan sebelumnya, kali ini Kejari mengundang para pelajar untuk menyaksikan langsung proses pemusnahan.

Barang bukti yang dimusnahkan meliputi berbagai jenis narkotika seperti sabu dan ganja, serta barang bukti lainnya seperti telepon genggam dan plastik pembungkus.

Kepala Kejaksaan Negeri Kuansing, Sahroni SH, MH, dalam sambutannya menyatakan bahwa keterlibatan siswa-siswa ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai bahaya narkoba. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para pelajar agar mereka bisa menjauhi narkoba dan bahaya yang ditimbulkannya.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan anak-anak tentang bahaya narkoba. Pesan saya, berhati-hatilah dalam bergaul, selektif dalam memilih lingkungan, dan tetap fokus belajar demi mencapai cita-cita, serta jangan lupa beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Sahroni.

Pemusnahan barang bukti ini diprakarsai oleh Bidang Pemulihan Aset dan Pengelolaan Barang Bukti Kejari Kuansing sebagai bentuk partisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa dengan melindungi mereka dari bahaya narkoba. Barang bukti yang dimusnahkan antara lain sabu seberat 211,64 gram dan ganja kering seberat 55,39 gram.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lapas Kelas II B Teluk Kuantan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, perwakilan BNN Kabupaten Kuansing, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing.

Fajar, salah satu siswa dari SMPN 6 Teluk Kuantan yang turut hadir, menyatakan rasa senangnya dapat mengetahui lebih dalam tentang bahaya narkoba. Ia berharap kegiatan ini terus dilaksanakan sebagai bentuk edukasi bagi anak muda agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan narkoba.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami jadi tahu lebih banyak tentang bahaya narkoba. Harapan kami sebagai siswa, kegiatan seperti ini terus diadakan agar kami bisa menjaga diri saat bergaul di luar sekolah," ujar Fajar.

Kasi Intelijen Kejari Kuansing, Eliksander Siagian, SH, MH, yang bertindak sebagai ketua pengamanan dalam kegiatan tersebut, memastikan acara berjalan lancar dan aman.

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index