Current Date: Sabtu, 21 September 2024

Kecamatan Inuman Raih Juara Umum MTQ XXII Kabupaten Kuansing, Geser Posisi Gunung Toar

Kecamatan Inuman Raih Juara Umum MTQ XXII Kabupaten Kuansing, Geser Posisi Gunung Toar
Camat Inuman Zamri, S.Pdi dan Sekcam Inuman Agus Suprianto, S.Sos.

Riauakual.com - Kecamatan Inuman berhasil keluar sebagai juara umum dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXII Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang diselenggarakan di Kecamatan Logas Tanah Darat selama enam hari, mulai Senin hingga Sabtu (16-21/09/2024).

MTQ yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, pada Senin (16/09) lalu, ditutup oleh Asisten II Setda Kuansing, Ir. H. Maisir, pada Sabtu (21/09/2024).

Kecamatan Inuman sukses melampaui target yang sebelumnya ditetapkan. Camat Inuman, Zamri, S.Pd.I., sebelumnya menargetkan agar kecamatannya masuk dua besar. Namun, kafilah dari Kecamatan Inuman mampu menunjukkan prestasi gemilang dari sembilan cabang perlombaan, sehingga keluar sebagai juara umum dengan total nilai 248.

Pada MTQ 2023, Kecamatan Inuman berada di peringkat keempat. Keberhasilan ini berhasil menggeser Kecamatan Gunung Toar, yang pada MTQ sebelumnya konsisten mempertahankan gelar juara umum.

Di posisi kedua, Kecamatan Pangean meraih peringkat kedua pada MTQ XXII tahun 2024 ini, sementara juara ketiga diraih oleh Kecamatan Gunung Toar. Peringkat keempat diraih oleh Kecamatan Kuantan Tengah, sedangkan Kecamatan Logas Tanah Darat, tuan rumah MTQ, berada di peringkat kelima.

Kecamatan Cerenti menempati peringkat keenam, diikuti oleh Kecamatan Kuantan Hilir Seberang di peringkat ketujuh, dan Kecamatan Sentajo Raya di peringkat kedelapan. Kecamatan Singingi menempati peringkat kesembilan, sementara peringkat kesepuluh diraih oleh Kecamatan Hulu Kuantan dan Kuantan Mudik dengan nilai yang sama, yaitu 97.

Peringkat sebelas ditempati Kecamatan Benai, diikuti oleh Kecamatan Kuantan Hilir di peringkat dua belas, Kecamatan Singingi Hilir di peringkat tiga belas, dan Kecamatan Pucuk Rantau di posisi empat belas.

Dalam sambutannya, Asisten II, Ir. H. Maisir, mengucapkan selamat kepada para pemenang. "Semoga ke depan kita bisa menjadi lebih baik lagi. Bagi yang belum berprestasi, tetap semangat dan terus berlatih agar menjadi qari dan qariah yang unggul," ujarnya. Maisir juga menekankan bahwa para pemenang di setiap cabang akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi. "Teruslah berlatih, karena kita akan menghadapi MTQ tingkat provinsi," tambahnya.

Maisir juga mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa mempedomani Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. "Mari kita amalkan Al-Qur'an dalam kehidupan ini, demi terciptanya masyarakat yang agamis serta cinta persatuan dan kesatuan," harapnya.

Di tempat terpisah, Camat Inuman, Zamri, S.Pd.I., menyatakan bahwa keberhasilan Kecamatan Inuman sebagai juara umum MTQ tingkat kabupaten yang ke-XXII merupakan kebanggaan bagi masyarakat Inuman secara keseluruhan.

"Kami sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh para qari dan qariah dari Kecamatan Inuman. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dukungan, doa, dan semangat seluruh masyarakat Inuman, baik yang berada di kampung maupun di perantauan," ujar Zamri.

Atas nama Pemerintah Kecamatan Inuman, Zamri mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para kafilah, official, dan pengurus LPTQ Kecamatan Inuman atas persiapan matang yang dilakukan.

"Persiapan yang benar-benar matang inilah yang membuat Kecamatan Inuman berhasil meraih juara umum di MTQ tingkat Kabupaten Kuantan Singingi yang ke-XXII di Desa Sukaraja, Kecamatan Logas Tanah Darat," pungkas Zamri.

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index