Hancurkan Filipina 9-0, Timnas Indonesia U-19 Puncaki Klasemen Sementara Grup B Piala AFF U-18 2017

Hancurkan Filipina 9-0, Timnas Indonesia U-19 Puncaki Klasemen Sementara Grup B Piala AFF U-18 2017
foto : okezone

Riauaktual.com - Timnas Indonesia U-19 memetik kemenangan keduanya di ajang Piala AFF U-18 2017, Kamis (7/9/2017) malam WIB. Kali ini, Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia– berhasil mengalahkan Filipina dengan skor telak sembilan gol tanpa balas.

Hattrick dari Feby Eka Putra, Dua Gol Egy Maulana Vikri dan Muhammad Iqbal, serta masing-masing gol dari Muhammad Rafli dan Resky Fandi membawa raihan poin penuh bagi tim asuhan Indra Sjafri. Kemenangan tersebut membawa Timnas Indonesia U-19 menempati posisi puncak klasemen Grup B dengan koleksi enam angka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Di awal babak pertama, Indonesia berhasil mengambil inisiatif serangan. Namun umpan-umpan yang diberikan di awal babak pertama ini masih belum mampu menembus gawang yang Filipina yang dikawal oleh Quincy Julian.

Di menit ketiga, Timnas Filipina sempat mengancam gawang dari Timnas Indonesia. Namun kesigapan dari Riyandi masih mampu mengamankan gawang dari Garuda Nusantara.

Peluang yang dimiliki oleh Timnas Indonesia lewat Egy Maulana Vikri di menit tujuh. Sayang tendangannya masih mampu diamankan oleh kiper Filipina.

Timnas Indonesia U-19 berhasil unggul 1-0 atas Filipina lewat gol yang dicetak oleh Feby Eka Putra di menit delapan. Tendangan dari luar kotak penaltinya mampu merobek gawang Quincy Julian. Setelah unggul, Indonesia tak mengendurkan serangan.

Peluang kembali hadir bagi Timnas Indonesia di menit 15. Kali ini tendangan Egy dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Flipina. Setelah terkurung oleh pertahanan Indonesia, Filipina mulai mencoba menekan pertahan Indonesia.

Pergerakan dari Rifad sempat merepotkan lini belakang Flipina. Sayang tendangan Rifad masih melebar di sisi kanan gawang Filipina. Di menit 21, Indonesia mampu unggul 2-0 atas Flipina.

Berawal dari sepakan pojok, Egy Maulana Vikri berhasil mencetak gol kedua bagi Timnas Indonesia U-19 atas Filipina. Egy berhasil memanfaatkan bola yang gagal ditendang oleh rekannya.

Hanya berselang empat menit, Timnas Indonesia U-19 kembali berhasil merobek gawang Filipina untuk ketiga kalinya di babak pertama ini. Kali ini, Muhammad Iqbal berhasil mencatatkan namanya di papan skor di menit 26.

Timnas Indonesia U-19 sempat mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah salah satu pemain Tanah Air dilanggar. Sayang Asnawi Mangkualam gagal memanfaatkan kesempatan karena tendangannya masih mampu ditepis oleh kiper Flipina.

Setelah unggul 3-0, Indonesia tak menurunkan tempo serangan. Di menit 38, Indonesia berhasil mendapatkan hadiah penati keduanya setelah Egy dilanggar di kotak penalti. Bertugas sebagai algojo, Egy sukses menceploskan bola ke gawang dari titik putih dan membawa Timnas Indonesia unggul 4-0 atas Flipina.

Dua menit berselang, Mohammad Iqbal juga sukses mencatatkan namanya untuk kedua kalinya. Cetak gol dari set piece, Iqbal tambah penderitaan Filipina menjadi 5-0. Meski unggul Indonesia tak menurunkan tempo serangan.

Namun hingga peluit babak pertama dibunyikan, Timnas Indonesia U-19 belum mampu menambah keunggulannya.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-19 masih menguasai permainan. Bahkan di menit 46, Indonesia sejatinya mampu unggul lewat Hanis Saghara. Sayang golnya dianulir karena dirinya berada dalam posisi offside.

Di menit 63, Filipina sempat membuat lini pertahanan Indonesia ketar-ketir. Beruntung bola masih berada di atas mistar gawang yang dikawal oleh Riyandi.

Feby Eka  Putra sukses mencetak gol keduanya bagi Timnas Indonesia U-19 ke gawang Filipina. Kali ini, Timnas Indonesia sukses unggul telak 6-0 atas Filipina hingga menit ke-68. Dua menit berselang, Irianto sempat mendapatkan peluang emas bagi Timnas Indonesia.

Sayang tendangannya ke gawang Filipina yang telah ditinggalkan oleh sang kiper hanya berhasil membentur tiang gawang. Timnas Indonesia gagal memperlebar keunggulannya menjadi 7-0 atas Filipina.

Di menit ke-75, Filipina sempat mengancam gawang Timnas Indonesia. Beruntung tendangan pemain bernomor punggung 13 itu masih berada di samping kiri gawang kawalan Riyandi. Sementara di menit 77, Indonesia sempat meraih peluang emas.

Sayang umpan yang diberikan oleh Egy tak mampu disambut oleh rekan-rekannya di kotak penalti. Di menit 87, Feby berhasil mencetak hattrick setelah mendapatkan umpan soloran dari Asnawi dan membawa Timnas Indonesia unggul 7-0.

Di menit 90, Muhammad Rafli sukses menambah keunggulan Timnas Indoensia U-19 dari titik putih menjadi 8-0. Hadiah penalti didapatkan Indonesia setelah Rafli dijegal oleh kiper Filipina dan mengakibatkan Quincy Julian diusir keluar lapangan.

Di menit tambahan waktu, keganasan Timnas Indonesia U-19 kembali menambah keunggulannya menjadi 9-0 atas Filipina. Kali ini pemain pengganti, Resky Fandi, berhak mencatatkan namanya di papan skor.

Hingga dua menit tambahan waktu, Timnas Indonesia U-19 sukses menjaga keunggulan 9-0 atas Filipina. Hasil ini tentu membawa Indonesia menempati urutan pertama di klasemen sementara Grup B.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Filipina:

Timnas Indonesia: Muhammad Riyandi; Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haris, Samuel Christianson; Asnawi Mangkualam, Syahrin Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra, Muhammad Iqbal; Hanis Saghara.

Timnas Filipina: Quincy Julian, Lemark Sayson, Robert Lawrence, Elljhone Clyde, Marcel Ivan, Kier John Pedroso, Mariano Jr. Mallari, Vince Eric, Fidel Victor, Mark Francis, Lean Panes Perez.


Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index