Prabowo Diyakini Mampu Dorong Terwujudnya Palestina Merdeka

Prabowo Diyakini Mampu Dorong Terwujudnya Palestina Merdeka
Gelora Talks bertajuk 'Ketika Gelombang Pro Palestina Menyala di Kampus-kampus Indonesia', Rabu (8/5/2024).

Riauaktual.com - Pengamat geopolitik Tengku Zulkifli Usman (TZU) berharap presiden terpilih Prabowo Subianto dapat meningkatkan peran Indonesia secara global dalam mendorong terwujudnya negara Palestina merdeka.

Solusi dua negara (two state solution) merupakan opsi untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina yang telah digaungkan Indonesia di Sidang Darurat Majelis Umum PBB pada Jumat, 27 Oktober 2023 lalu.

"Terpilihnya Pak Prabowo, ini bagus. Ini sinyal positif, bahwa kita akan banyak terlibat dalam tataran geopolitik global," kata Tengku Zulkifli Usman, dalam Gelora Talks bertajuk 'Ketika Gelombang Pro Palestina Menyala di Kampus-kampus Indonesia', Rabu (8/5/2024) sore.

Sebagai pemimpin negara yang memiliki pemahaman tentang geopolitik global, TZU yakin Prabowo berani menekan Israel dan standar ganda barat dalam kasus Palestina untuk menerima proposal 'two state solution'. 

"Pak Prabowo misalnya setelah dilantik nanti, beliau bisa langsung menekan Israel. Dengan banyak tekanan Internasional itu, Israel bisa menerima two state solution, solusi dunia negara," katanya.

Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Muhammad Abid Al Akbar mengatakan, mahasiswa Indonesia harusnya malu dan jangan hanya bergerak pada isu domestik, tetapi juga isu global. 

"Jangan hanya demo soal UKT, atau Pemilu saja. Aksi kita juga harus diakui secara global dan memiliki efek bagi kemerdekaan Palestina," kata Abid Al Akbar. 

Dalam kesempatan sama, Presiden Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Yogi Syahputra Alidrus mengatakan konflik Israel-Palestina harus dihentikan karena tak terkait isu keagamaan, tetapi murni kemanusiaan. 

"Secara serentak, 172 BEM di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM)/Aisyiyah akan melakukan aksi besar-besaran solidaritas Palestina dalam waktu dekat, " ujarnya.

#PRABOWO

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index