Salurkan BLT Dana Desa Triwulan Satu, Begini Harapan Kades Koto Inuman

Salurkan BLT Dana Desa Triwulan Satu, Begini Harapan Kades Koto Inuman
Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD).

Riauaktual.com - Sebanyak 27 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Koto Inuman, Kecamatan Inuman, telah menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) tahap satu, periode bulan Januari, Februari, dan Maret 2024. Penyaluran BLT DD tersebut dilakukan oleh Pemerintah Desa setempat pada Selasa, 28 Mei 2024.

Kepala Desa Koto Inuman, Darmawan A., mengatakan bahwa untuk penyaluran BLT DD triwulan satu periode Januari, Februari, dan Maret, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 24.300.000 yang disalurkan kepada 27 KPM.

“Jadi total yang diterima setiap KPM pada triwulan satu ini sebesar Rp 900 ribu per KPM,” kata Darmawan.

Darmawan berharap agar bantuan tersebut benar-benar digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, terutama menjelang lebaran Idul Adha di bulan Juni mendatang, di mana kebutuhan ibu-ibu untuk persiapan hari raya akan meningkat.

“Semoga penyaluran BLT ini bisa membantu meringankan beban ekonomi keluarga. Sehingga diharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya,” harap Kades dua periode itu.

Sementara itu, Camat Inuman, Zamri, S.Pd.I., mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dalam upaya percepatan realisasi dana desa.

"Iya, kami dari pihak kecamatan akan selalu berkoordinasi dengan Pemdes dan pendamping desa guna mempercepat realisasi dana desa, baik itu reguler maupun non-reguler," ucapnya.

Zamri menegaskan bahwa desa yang sudah mencairkan dana desa akan terus dipantau untuk memastikan dana tersebut segera direalisasikan.

"Begitu dana masuk, silakan realisasikan. Kami akan terus memantau agar dana desa tidak 'tidur', baik di rekening maupun di tangan bendahara," tegasnya.

Zamri juga berharap masyarakat Inuman, khususnya para penerima bantuan program pemerintah, tidak sungkan untuk memberikan masukan dan nasehat kepada pihak kecamatan.

"Kami jauh lebih muda dari bapak-bapak dan ibu-ibu, khususnya para penerima bantuan program pemerintah ini. Jangan sungkan untuk menasehati kami," tambahnya.

Hadir pada acara tersebut, Camat Inuman Zamri, S.Pd.I., Kades Koto Inuman Darmawan A. beserta perangkat desa, Ketua BPD Mardianto beserta anggota, pendamping desa, serta para keluarga penerima manfaat (KPM).

#Kuansing

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index