Berikut Sejumlah Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Langsung Memakai Pakaian yang Baru Dibeli

Berikut Sejumlah Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Langsung Memakai Pakaian yang Baru Dibeli
Ilustrasi menjemur pakaian. © treasuredgarmentrestoration.com

Riauaktual.com - Membeli pakaian merupakan suatu hal yang kita lakukan secara terus-menerus sepanjang usia kita. Baik karena pakaian sudah jelek, sudah tidak muat, atau karena perubahan mode yang memang ingin kita ikuti.

Pada pakaian yang baru kita beli, kerap kali kita ingin langsung menggunakannya. Keinginan seperti ini kerap kali muncul baik kita membeli pakaian secara langsung atau pada saat membaca pakaian secara online.

Pada pakaian yang baru kita miliki, keinginan untuk memakainya ini kerap tidak tertahankan. Terutama pada pakaian yang sudah sangat lama kita idamkan. Namun, idealnya adalah untuk mencuci terlebih dahulu pakaian yang baru dibeli ini.

Tahukah kamu bahwa menggunakan pakaian yang baru dibeli ini sebenarnya bisa menimbulkan masalah kesehatan? Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah alasan agar tidak langsung memakai pakaian yang baru dibeli.

Penuh Patogen dan Kuman

Setelah baju selesai diproduksi, biasanya mereka dikemas dan dikirim ke berbagai tempat dengan berbagai cara sebelum sampai di toko. Kondisi ini menyebabkan munculnya ketidakjelasan untuk memastikan kebersihan dan kondisi pakaian ini.

Pada seluruh rentetan proses ini, bisa jadi pakaian baru yang kamu miliki ini mengalami kontak dengan patogen dan kuman. Kondisi ini kerap tidak bisa terlihat langsung pada pakaian.

Oleh karena itu, memastikan pakaian dalam kondisi yang bersih sebelum memakainya merupakan hal yang penting dilakukan. Pastikan untuk mencuci terlebih dahulu pakaian yang kamu beli ini sebelum digunakan.

Pakaian Tersebut Mungkin Sudah Dicoba Orang Lain

Pada baju terutama yang dibeli pada toko besar, biasanya pakaian dicoba terlebih dahulu sebelum dibeli. Kondisi ini menyebabkan ada peluang pakaian tersebut sudah dicoba oleh orang lain sebelum kamu beli.

Hal yang sama juga mungkin bisa kita alami pada pakaian yang dibeli secara online. Kondisi orang lain yang sudah mencoba pakaian tersebut tidak dapat kita pastikan sehingga hal ini bisa membahayakan kulit.

Sel kulit mati serta kuman dari kulit seseorang bisa menempel di pakaian ketika kamu menggunakannya. Kondisi ini bisa menyebabkan dermatitis, gatal, serta kemerahan.

Adanya Zat Kimia pada Pewarna Pakaian

Pada pakaian yang kamu beli, bahaya tidak hanya muncul dari kuman saja. Sejumlah zat kimia bisa ditemukan pada pakaian terutama berasal dari jenis pewarna yang digunakan.

Keberadaa zat kimia ini bisa menimbulkan rasa gatal dan kemerahan ketika mengalami kontak dengan kulit. Lebih lanjut, pada saat menggunakan pakaian, gesekan dengan kulit dan munculnya keringat bisa menyebabkan pewarna ini lebih menempel pada kulit.

Sentuhan antara kulit dengan pewarna pakaian ini bisa menjadi penyebab terjadinya alergi juga. Oleh karena itu, demi alasan kesehatan kulit dan kebersihan, sebaiknya cuci terlebih dahulu baju yang baru kamu beli.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index