Lentera: Asuransi Astra Tekankan Pentingnya Pengelolaan Keuangan Sejak Dini di SMKN 2 Pekanbaru

Lentera: Asuransi Astra Tekankan Pentingnya Pengelolaan Keuangan Sejak Dini di SMKN 2 Pekanbaru
Asuransi Astra aktif mendukung dan berkontribusi meningkatkan literasi keuangan yang selaras dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional yang menghadirkan program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA) dengan mengangkat tema “Cerdas Mengelola Keuangan, Bangun Masa Depan”.

Riauaktual.com - Kemampuan mengelola uang secara efektif dan mengambil keputusan keuangan yang baik tidak terjadi secara otomatis, melainkan melalui pembelajaran dan kebiasaan baru.

Meskipun ini tampak seperti masalah individual, dampaknya meluas ke perekonomian negara. Menjadi masyarakat yang literate dalam hal keuangan mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja, membantu menciptakan penggerak bangsa yang kompetitif secara global. 

Asuransi Astra berperan aktif dalam mendukung hal ini dengan menghadirkan program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA). Dengan tema "Cerdas Mengelola Keuangan, Bangun Masa Depan," program ini digelar di SMKN 2 Pekanbaru pada 16 Mei 2024 untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Program LENTERA diinisiasi untuk mendukung akselerasi pemerataan literasi keuangan yang ditargetkan mencapai 90 persen pada 2024.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh OJK pada 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, yang meskipun meningkat, masih memerlukan peningkatan berkelanjutan.

Program ini menyasar pelajar vokasi, yang merupakan salah satu prioritas literasi dan inklusi keuangan yang direkomendasikan OJK.

Branch Head Asuransi Astra Pekanbaru, Rifqi Verdeski, menyampaikan bahwa literasi keuangan penting bagi pelajar vokasi yang akan segera memasuki dunia kerja.

"Materi yang disampaikan mencakup pengelolaan keuangan, manajemen risiko, perlindungan diri, kesehatan, dan aset pribadi. Kelas ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kesadaran diri mengenai pengelolaan keuangan," kata Rifqi.

Dikatakan Rifqi, di era yang bergerak cepat dan banyak tren baru, perilaku konsumtif sering kali muncul, terutama di kalangan generasi muda. Literasi keuangan menjadi keharusan untuk mencegah perilaku konsumtif dan mengajarkan pengelolaan keuangan yang baik.

"Kami berharap melalui kelas literasi keuangan ini, siswa dapat mengembangkan pengetahuan mereka dan siap mengatur kehidupan finansial mereka di masa depan,” ujar Rifqi.

Program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra (LENTERA) telah diinisiasi sejak 2023, selaras dengan arahan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Tahun ini, LENTERA akan dihadirkan di berbagai wilayah di Indonesia untuk memberikan pemahaman pengelolaan keuangan kepada pelajar vokasi secara menyeluruh, membantu mereka mencapai tujuan keuangan demi kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra adalah perusahaan asuransi umum yang telah berdiri dan melayani pelanggan sejak 12 September 1956. Asuransi Astra merupakan entitas utama konglomerasi keuangan Astra serta mendapatkan peringkat kredit Excellent dari AM Best dan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional). Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 29 kantor cabang, serta Unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra antara lain adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi properti ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan korporasi Garda Medika, dan asuransi kesehatan perorangan Garda Healthtech. Asuransi Astra juga memiliki asuransi yang dapat dibeli secara online di Gardaoto.com seperti Garda Me, Garda Edu, Garda Home, dan Garda Trip.

Pada 2023, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto sebesar Rp 6.78 triliun.

Kinerja Asuransi Astra selama ini pun telah diakui dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, diantaranya: Contact Center Service Excellence Award (2013-2022), Service Quality Award (2007-2013, 2015-2018, 2022), Top Brand Award (2007-2023), Indonesia Best Brand Award (2002-2022), Corporate Image Award (2007-2013, 2015-2022), Infobank Insurance Award (2008-2016, 2017-2022), Insurance Market Leader (2019-2022), Asuransi Terbaik (2014, 2020-2022), Indonesia PR of The Year (2021-2022), Marketeers Editor's Choice Award (2018-2021), OMNI Brands of The Year (2019-2023), Indonesia Most Popular Digital Financial Award (2020-2023), Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards (2022), Indonesia CSR Award (2022), Top CSR Award (2022), Perhumas PR Excellence Award (2022), Indonesia Industry Leadership Award (2023), Astra Corporate Affairs Award (2020-2022).

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. "Peace of Mind to Millions" adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.

Berbagai informasi mengenai Asuransi Astra lainnya dapat diakses melalui website www.asuransiastra.com, serta digital channel Asuransi Astra seperti Instagram @asuransiastra, Youtube Asuransi Astra, Facebook Asuransi Astra, dan Twitter @_AsuransiAstra.

#ekonomi

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index