Berikut 5 Cara Cegah Kulit Keriput di Tengah Cuaca Panas

Berikut 5 Cara Cegah Kulit Keriput di Tengah Cuaca Panas
Cara mencegah kulit keriput saat cuaca panas. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Cuaca panas tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Tak cuma bisa mengancam kesehatan tubuh, kondisi kulit juga perlu diperhatikan agar tetap sehat dan cantik.

Seperti diketahui, cuaca panas dapat berdampak buruk pada kulit manusia. Di tengah panas yang menyengat kulit berpotensi menjadi kering, iritasi, dan bahkan berdampak pada keriput. Menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi sangatlah penting, terutama saat suhu meningkat.

Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan cara sederhana yang ampuh untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas keriput di tengah cuaca panas. Berikut lima tipsnya dilansir Nutrifactor, Rabu (15/5/2024).

1. Jaga Kulit Anda Tetap Terhidrasi

Menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Saat Anda dehidrasi, kulit Anda menjadi kering, bersisik, bahkan berisiko mengalami keriput. Minum banyak air adalah cara yang bagus untuk menghidrasi kulit Anda dari dalam ke luar.

Selain itu, menggunakan produk yang dapat menghidrasi kulit Anda secara topikal juga penting. Carilah pelembap dan serum yang mengandung bahan yang menghidrasi.

2. Kenakan Tabir Surya

Mengenakan tabir surya adalah salah satu langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu penyebab terbesar kerusakan kulit, dan dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga masalah kulit lainnya.

Itu sebabnya penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya dengan memakai tabir surya setiap hari. Dengan menggunakan tabir surya secara rutin, Anda dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kulit Anda terlihat sehat dan cantik.

3. Minum Lebih Banyak Air dan Jus Buah

Minum lebih banyak air dan jus buah penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan memberikan keajaiban untuk kulit. Air membantu menghidrasi kulit Anda dari dalam ke luar, mencegah kulit kering, pengelupasan, dan masalah lainnya.

Selain itu, minum jus buah dapat memberi tubuh Anda vitamin dan antioksidan penting yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Misalnya buah jeruk yang kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap awet muda. Sementara itu, buah beri seperti blueberry dan raspberry mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit Anda.

4. Pilih Buah dan Sayuran Musiman

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran musiman bukan hanya cara lezat untuk menikmati produk segar dan beraroma, namun juga bermanfaat bagi kulit Anda. Buah-buahan dan sayuran musiman kaya akan vitamin dan mineral penting yang dapat membantu menyehatkan dan melindungi kulit Anda, khususnya saat cuaca panas.

Misalnya, di bulan-bulan musim panas, Anda dapat menikmati buah-buahan lezat seperti semangka, beri, dan persik, yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Dengan memasukkan buah-buahan dan sayuran musiman ke dalam makanan Anda, dapat membantu mendukung kesehatan kulit dan menjaganya dari kerutan.

5. Gunakan Pelembab

Satu lagi cara menghindari keriput pada kulit di cuaca panas ialah menggunakan pelembab. Melembabkan kulit Anda adalah salah satu langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Jika kulit Anda cukup lembap, kulit akan tampak halus, dan bercahaya.

Selain itu, pelembab membantu mencegah kekeringan, pengelupasan, dan bahkan jerawat. Penting untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung bahan yang dapat menutrisi dan menghidrasi kulit Anda. Oleskan pelembab segera setelah cuci muka saat kulit Anda masih sedikit lembap. Cara ini membantu menjaga hidrasi pada kulit.


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index