Apakah Semua Mi Instan Asal Korea Mengandung Unsur Babi?

Apakah Semua Mi Instan Asal Korea Mengandung Unsur Babi?
Samyang Halal dari PT Korinus

Riauaktual.com - Sejak temuan BPOM soal Samyang varian Kimchi dan U-Dong mengandung fragmen babi, banyak orang memilih menghindari produk asal Korea Selatan ini.

PT Korinus sebagai importir tunggal Samyang menegaskan, dua jenis produk mi mereka halal. Produk tersebut adalah Samyang Cheese dan Hot Chicken Ramen."Saya pastikan Samyang ini sudah halal dan bisa dikonsumsi tanpa khawatir dan ragu. Sudah proses di laboratorium dari BPOM dan sudah punya sertifikasi halal dari Korea," terang Sales & Marketing Manager PT Korinus Endra Nirwana di kantornya, Kelapa Gading, Rabu kemarin.

Bukan hanya sertifikasi halal dari Korea, dua jenis Samyang yang didistribusikan oleh PT Korinus ini juga telah mendapatkan sertifikasi halal dari Dewan Masjid DKI Jakarta.

"Kita dari PT Korinus tidak jual produk itu (Samyang nonhalal), yang kita jual itu hanya produk yang lulus dari Badan POM," tambah Endra lagi sembari menunjukkan berbagai sertifikat halal kepada media.


Sementara Marketing Manager Jung Jun Suk mengatakan, bahkan sampai saat ini, PT Korinus mengaku telah mengajukan sertifikat halal kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) 10 bulan lalu dengan nomor registrasi 16349.

"Kalau proses MUI harus upload bahan-bahan Samyang di sistem MUI. Lalu orang MUI cek dengan teliti itu prosesnya lama. Jadi sekarang tinggal pre-audit bahan-bahan saja ke Korea," kata dia.

Jung juga mengklaim bahwa mereka satu-satunya importir resmi yang ditunjuk oleh produsen Samyang di Korea. "Sebenarnya sampai tahun kemarin untuk Indonesia ada beberapa importir. Akhir tahun kemarin importir lain sudah putus kerja sama. Sekarang PT Korinus saja khusus produk Samyang," tegas dia.

Pihak PT Korinus mengaku mengalami kerugian sejak simpang siurnya kabar kehalalan Samyang. Sampai penjualan mereka turun hingga 30% per hari. "Kita mengimbau retail tidak melakukan penarikan karena prinsipnya produk kita tidak ada masalah," kata Endra

Lebih lanjut Endra mengatakan, tidak berani menjual produk nonhalal ke masyarakat Indonesia. "Kita enggak mau jual kalau belum memenuhi syarat dari pemerintah Indonesia. Kita harus ada izin yang baru selesai ini Samyang Chesse dan Hot Chicken Ramen," tegas dia lagi.



Sumber : detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index