Ketua Komisi II Ir Nofrizal MM. FOTO: doc ra

Pemko Pekanbaru Dinilai Belum Siap Terapkan Sistim e-KTP

Rabu,18 Desember 2013 - 12:36:00 WIB Di Baca : 37985 Kali

PEKANBARU, RiauAktual.com - DPRD Kota Pekanbaru masih saja mendengar keluhan masyarakat tentang buruknya pelayanan publik dalam hal administrasi kependudukan, seperti elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran. Dengan demikian, Dewan menilai Pemerintah Kota Pekanbaru belum siap menerapkan sistim elektronik KTP tersebut.

"Kita menilai memang Pemko yang tidak siap, kenapa begitu, lihat saja berapa banyak keluhan yang sampai ke kita, ada yang e-KTP hilang, diganti tak siap-siap, belum lagi warga yang pindah, urusannya lebih payah lagi," ungkap Anggota DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM, Selasa (17/12/2013).

Karena Pemerintah Kota Pekanbaru belum siap untuk melaksanakan program e-KTP ini, Politisi PAN tersebut meminta jika 2014 nanti pencetakan e-KTP diserahkan ke daerah, maka pemerintah pusat diminta untuk memberikan arahan kepada Kota Pekanbaru untuk hal itu.

"Harus lebih siap lagi kalau dicetak di sini, karena yang lama saja belum tuntas. Mesti ada arahan lagi dari pemerintah pusat agar pemerintah daerah lebih siap dengan program ini," tuturnya.

Nofrizal juga mencontohkan salah satu bukti ketidaksiapan pemerintah dalam program e-KTP, seperti warga yang mengurus e-KTP, setelah selesai dicetak ternyata terjadi kesalahan ketik dalam penulisan nama. Maka untuk menggantikannya warga tersebut harus menunggu lagi dengan waktu yang tidak ditentukan.

"Kalau salah ketik Itu bukan kesalahan dari masyarakat, tapi nyatanya sampai hari ini perbaikan kesalahan itu tak kunjung selesai. Akibatnya, warga ini ingin urus SIM dan STNK tidak bisa karena di samsat harus pakai e-KTP," ujarnya lagi. (rrm)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...