Sepanjang Bulan Maret 2024, Polda Riau Tangkap Empat Pelaku Karhutla

Sepanjang Bulan Maret 2024, Polda Riau Tangkap Empat Pelaku Karhutla
Ilustrasi Karhutla

Riauaktual.com - Terhitung dari bulan Maret 2024, Polda Riau sudah melakukan penangkapan empat pelaku kebakaran hutan dan lahan.

Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Nasriadi melalui keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024).

"Penangkapan terhadap empat pelaku pembakar lahan ini dilakukan sebagai pertanggungjawaban atas karhutla di Rohil dan Dumai," katanya.

Kombes Nasriadi menjelaskan dimana empat pelaku ini diduga sengaja membakar lahan yang menyebabkan terjadinya kebakaran di dua kabupaten tersebut seluas 7 hektare.

"Mereka ini perorangan. Tidak ada (korporasi)," terang Nasriadi.

Selain itu, dua diantara perkara ini telah memasuki tahap satu atau penyerahan berkas ke Jaksa Penuntut Umum (PJU).

Diberitakan sebelumnya, Irjen Iqbal telah memerintahkan anak buahnya untuk berpartisipasi secara rutin di lahan-lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran.

"Jangan kasih kendor bagi pelaku-pelaku pembakaran lahan, baik perorangan maupun perusahaan. Saya ingatkan kepada anggota, jangan sampai ada kebakaran lahan, maksimalkan patroli di seluruh penjuru," ujar Iqbal.

"Pihak perusahaan juga harus patroli rutin di wilayahnya masing-masing. Kalau sampai ada kebakaran lahan, kami tidak pandang bulu, langsung kami sikat," pungkas Iqbal.

#Kebakaran Lahan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index