Banyak Agenda Politik, Sebagian Anggota Dewan Izin Tak Ikut Paripurna Hingga Tuntas

Banyak Agenda Politik, Sebagian Anggota Dewan Izin Tak Ikut Paripurna Hingga Tuntas
Suasana paripurna pengesahan Perda Perubahan Badan Hukum PD Pembangunan Menjadi PT Sarana Pembangunan Pekanbaru. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Rapat paripurna Pengesahan Peraturan Daerah Perubahan nama dan badan hukum PD Pembangunan menjadi PT Sarana Pembangunan dan Paripurna Laporan Reses, di Gedung DPRD Kota Pelanbaru, Rabu (30/10/2013) sepi, hanya 21 anggota Dewan yang menduduki kursi di ruang paripurna tersebut dari 45 anggota DPRD.

Kepala Bagian Persidangan Laksmi, saat dikonfirmasi usai paripurna mengatakan, banyaknya anggota dewan yang keluar dan agenda rapat di partai masing-masing, merupakan alasan para anggota dewan tersebut.

"Tapi mereka absen kok, tadi 31 anggota dewan yang tanda tangan. Habis itu mereka izin keluar. Kalau Suyati (Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat) izin karena ada keluarganya yang meninggal," terang Laksmi saat ditemui usai paripurna.

Agenda politik yakni acara yang dilaksanakan Partai Golkar. Sehingga saat paripurna, Anggota Dewan yang diusung oleh partai pohon beringin ini masing-masing mohon izin usai membubuhkan tanda tangan di buku absen.

"Diana (Anggota Dewan dari Fraksi Golkar) tadi izin ada acara di DPD (Dewan Pimpinan Daerah). Maklumlah sedang banyak agenda, makanya banyak yang izin," terang Laksmi.

Menurut Laksmi lagi, banyaknya Anggota Dewan yang izin saat paripurna, tidak mempengaruhi berjalannya paripurna karena sifatnya bukan memutuskan kebijakan, melainkan hanya mengesahkan Perda dan Laporan Reses 2013.

Selain itu, memang dampak dari mundurnya pelaksanaan paripurna dari jadwal awal, Senin pekan lalu, menjadi alasan para anggota Dewan terpaksa izin tak ikut, karena jadwalnya berbenturan dengan acara partai.

"Memang agak terlambat, karena masih ada yang harus dibicarakan oleh DPRD dan Pemko. Maka ada rapat-rapat lagi dilakukan pansus," terang Laksmi.

Ketua Fraksi Partai Golkar Roni Amriel, saat dikonfirmasi melalui selulernya, mengatakan, memang Fraksi Golkar sedang ada acara dan izin untuk tidak mengikuti paripurna sampai selesai.

"Ada acara pemaparan hasil survey pertama Partai Golkar," terangnya singkat. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index