Aparat Desa di Inhu Keluhkan Alokasi Dana Desa yang tak Kunjung Cair

Aparat Desa di Inhu Keluhkan Alokasi Dana Desa yang tak Kunjung Cair
ilustrasi

Riauaktual.com - Aparat Desa se-Kabupaten Inhu mengeluhkan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahun 2017 yang tak kunjung diberikan Pemerintah Daerah setempat. Sementara harapan kebutuhan hidup aparat desa tidak terlepas dari tunjangan tersebut.

Ketika dikonfirmasi melalui Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Inhu, Arifin melalui ponselnya Selasa (9/5/2017), menyebutkan lambatnya pencairan ADD bukan dari kesalahan Kepala Desa untuk penyusunan APBdes, tapi keterlambatan dari petugas tenaga teknis pendamping desa dalam penyusunan APBdes di Desa yang di tugaskan dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Keterlambatan bukan dari desa, tapi petugas tenaga teknis pendamping desa yang ditugaskan oleh Pemerintah Provinsi Riau di Desa Kabupaten Inhu tidak produktif. Harusnya Kalau tidak mampu diganti saja, karena pencairan kali ini sangat berbeda dari tahun tahun sebelumnya," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemerintah Daerah Kabupaten Inhu, Hasman Dayat mengatakan, pihak PMD Pemerintah Daerah Inhu sudah menyiapkan RAB untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) ke keuangan.

"Namun untuk pencairan ADD itu hanya tinggal menunggu APBDes dari hasil verifikasi pihak kecamatan, tapi hingga saat ini satupun APBdes belum ada yang  masuk ke pihak PMD Pemerintah Daerah Inhu," ungkapnya. (Obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index