Aparat Desa Pasir Ringgit Bentuk Posko Banjir

Aparat Desa Pasir Ringgit Bentuk Posko Banjir
Camat Lirik, Suhadi didampingi stafnya dan kades Pasir Ringgit berjalan kaki meninjau lokasi banjir di Desa Pasir Ringgit RT 09 dan RT 10

Riauaktual.com - Kepala Desa Pasir Ringgit Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu, Sumarji mengatakan warga bersama perangkat desa membentuk posko banjir. Posko banjir yang dibentuk di rumah warga tersebut untuk tempat pengaduan masyarakat dan penyaluran bantuan bagi warga yang kena musibah banjir.

Hal ini disampaikan kepada wartawan usai meninjau lokasi banjir di Desa Pasir Ringgit, Selasa (7/3). Dikatakannya, jumlah yang kena musibah banjir sebanyak 42 KK tepatnya di RT 09 dan RT 10 Desa Pasir Ringgit.

Bencana banjir terjadi sejak pekan kemarin, tapi warga dari jumlah 42 KK hanya beberapa warga yang mengusi ke rumah keluarganya akibat air sudah masuk ke dalam rumah. Warga tidak bisa beraktifitas khususnya petani sebab lahan pertanian mereka sudah terendam banjir.

''Ketinggian banjir sekitar 1 meter tapi hanya beberapa rumah yang sudah masuk air ke dalamnya, sebahagian masih di sekitar pekarangan rumah warga yang digenangi air, jika Sungai Indragiri terus naik seluruh rumah warga akan terendam banjir,'' katanya.

Ditambahkanmya, akibat banjir ternak warga seperti sapi dan kambing sudah di evakuasi ke dataran tinggi, sementara anak anak sekolah setiap hari menggunakan kompang desa, sebab jalan desa yang ke arah RT 09 dan RT 10 tersebut sudah terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 CM.

Untuk itu, diharapkan kepada instansi terkait Pemerintah Kabupaten Inhu menyalurkan bantuan berupa sembako, sebab sejak banjir terjadi masyarakat tidak bisa lagi beraktifitas seperti biasanya untuk mencari kebutuhan hidup mereka.

Camat Lirik, Suhadi ketika di konfermasi usai meninjau banjir, mengatakan dirinya bersama staf sedang turun meninjau lokasi banjir, dimana di wilayah  Kecamatan Lirik ada dua desa yang kena banjir dari luapan Sungai Indragiri.

Desa yang kena banjir tersebut adalah Desa Pasir Ringgit dan Desa Pasir Sialang Jaya. Kalau kondisi banjir di Desa Pasir ringgit ada dua RT yang parah hingga jalan desa di genangi air banjir sebab jalan desa tersebut di sepanjang bibir sungai sehingga kondisi jalan sudah ada yang miring ke bibir Sungai Indragiri, begitu juga di desa Pasir Sialang Jaya ada beberapa titik badan jalan sudah terkendam banjir.

''Rencana hari ini, Selasa (7/3) akan membentuk posko banjir bersama-sama dengan perangkat desa dengan masyarakat untuk tempat penampungan warga jika ada yang mengusi nantinya,'' ucap Camat . (Obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index