AKN Bengkalis Raih Juara III di Ajang NWC 2016

AKN Bengkalis Raih Juara III di Ajang NWC 2016
Mahasiswa AKN Bengkalis yang menerima penghargaan

BENGKALIS (RA – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis, meraih gelar juara ketiga pada kategori SMAW plate pada ajang bergengsi National Welding Competition (NWC) yang digelar di Polektnik Negeri Madura (Politera), 22 hingga 24 November.

Pada kompetisi yang diikuti 24 tim dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia, memperlombakan tiga kategori yaitu las plate SMAW, kategori SMAW pipa, dan kategori plate FCAW. AKN Bengkalis mengirimkan dua tim untuk kategori SMAW Plate dan FCAW Plate.

FCAW (Flux cored arc welding) plate atau Las busur listrik yang kawat lasnya terdapat fluk, SMAW (Shield Metal Arc Welding) plate atau Las Busur Listrik adalah proses pengelasan menggunakan panas untuk mencairkan material dasar atau logam induk dan elektroda.

“Alhamdulillah, pada kompetisi yang digelar di Madura itu, AKN Bengkalis berhasil meraih prestasi gemilang yakni juara tiga pada kategori SMAW Plate dan juara harapan II untuk kategori FCAW Plate. Tentunya pencapaian ini, menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh civitas akademika AKN Bengkalis,” ungkap Direktur AKN Bengkalis Alfansuri, Minggu (27/11).

Dikatakan Alfansuri, kegiatan NWC merupakan sebuah kompetisi atau perlombaan pengelasan berskala nasional yang setiap tahun diselenggarakan oleh Kementerian Ristekdikti. Yang lebih membanggakan, AKN Bengkalis merupakan satu-satunya akademi komunitas di Indonesia yang ikut pada ajang NWC ini.

“Ini menunjukan, AKN Bengkalis mampu berbicara dan bersaing di level nasional. Karena yang ikuti ajang NWC ini dari perguruan tinggi maupun politeknik,” ungkapnya.  

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengucapkan selamat dan tahniah atas pencapaian mahasiswa AKN Bengkalis yang berhasil meraih prestasi di ajang bergengsi.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang telah dipersembahkan kepada AKN maupun daerah ini,” ungkapnya

Sebuah prestasi yang dicapai pada level nasional, kata Amril, selain menjadi kebanggaan bagi pribadi, juga akan mengangkat nama perguruan tinggi maupu daerah. Otomatis, nama AKN dan Kabupaten Bengkalis semakin dikenal oleh daerah luar, khususnya perguruan tinggi lain.

“Yang jelas, AKN Bengkalis sebagai salah sat perguruan tinggi negeri di Begkalis semakin diperhitungkan di daerah maupun level nasional,” ujar mantan Kepala Desa Muara Basung ini. (PUT)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index