Pecat Petugas Parkir yang Tak Gunakan Atribut

Pecat Petugas Parkir yang Tak Gunakan Atribut
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Zulkarnain SE menegaskan agar Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru memantau kondisi parkir yang saat ini sudah semakin semberawut. Meskipun beberapa waktu lalu parkir sudah mulai tertata, akan tetapi kondisi tersebut tidak berlangsung lama dan saat ini kembali semberawut.

"Dishub harus mempertegas masalah parkir ini, jangan hanya menerima bersih, Dishub juga perlu memantau kondisi perparkiran di lapangan. Jika memang terjadi kesalahan dalam penataan oleh petugas yang ada di lapangan, maka Dishub harus tegas untuk mengambil sikap kepada koordinator parkir tersebut," ungkap Zulkarnain ketika dikonfirmasi di gedung DPRD Kota Pekanbaru, Jum'at (05/10/2012).

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut, memang saat ini parkir yang ada di Pekanbaru sudah mulai tak tertib kembali. Berdasarkan laporan yang disampaikan masyarakat, diketahui petugas parkir tidak terlalu menghiraukan pengendara yang akan memarkirkan kendaraan pada suatu tempat.

"Seperti petugas parkir yang hanya memungut parkir saja, mereka tak hiraukan pengendara yang akan melakukan parkir, tapi ketika pengendara ingin pergi, petugas ini berlari-lari mengejar untuk meminta uang parkir. Ini merupakan pelayanan yang tak baik, padahal kita tidak berharap banyak retribusi dari parkir, akan tetapi pelayanannya saja yang dibenahi terlebih dahulu," kata Zulkarnain.

Ia juga menambahkan, terkait petugas perkir yang selama ini sangat jarang menyodorkan karcis parkir kepada pengendara, Zulkarnaen menyebutkan ini merupakan bentuk kelalaian petugas parkir. Seharusnya, jika ingin melakukan pemungutan parkir, ketika pengendara datang, maka langsung disodorkan karcis parkir sebagai tanda bukti yang bersangkutan sedang memarkirkan kendaraan di area parkir petugas parkir.

"Ini perlu perhatian serius juga dari koordinator parkir, jika ada yang ingin parkir, berikanlah karcis sebagai bukti. Demikian juga atribut petugas, jika petugas parkir tak menggunaka atribut parkir seperti baju, kartu identitas, dan lainnya, ini harus mendapat tindakan tegas dari koordinator parkir, bila perlu pecat saja petugas yang tidak menggunakan atribut ketika bertugas di lapangan. Apalagi ketahuan menyerahkan kepada orang lain, ini jelas melanggar aturan yang berlaku," pungkasnya. (rik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index