Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Lintas Pesisir

Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Lintas Pesisir
Bupati H Suyatno dan jajaran saat meninjau pelabuhan Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI (RA) - Bupati Rokan Hilir H suyatno meninjau langsung pembangunan jalan lintas pesisir dari tugu elang batu enam menuju jalan lingkar ke pelabuhan nelayan Bagansiapiapi. Jalan lingkar sepanjang 6 km itu rencananya disipkan sebagai jalan alternatif masuk ke kota Bagansiapiapi.

Saat ini jalan yang menyisiri pesisir saat ini sedang di timbun restu (Aucas-red). Dilapangan Bupati turut didampingi oleh wakil Bupati H Jamiluddin. Kepala dinas/kantor dan para asisten.

Jalan lintas pesisir ini dibangun sebagai sarana mempercepat terbukanya daerah terisolir menuju kota Bagansiapiapi.Sebelumnya Bupati Rohil H Suyatno bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kembali memfokuskan pembangunan jalan lintas pesisir yang dilaksanakan dengan sistem tahun jamak atau Multi Years.

"Meski tahun ini terjadi defisit anggaran mencapai Rp812 miliar, kita tetap melaksanakan pembangunan jalan lintas pesisir," kata Bupati Rohil Suyatno di Bagansiapiapi, Senin (25/7).

Menurutnya, pembangunan jalan lintas pesisir sebagai jawaban atas perbaikan infrastruktur jalan yang saat ini masih buruk dibeberapa kecamatan di Rokan Hilir. "Misal jalan penghubung yang menjangkau ke arah Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam sampai ke Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas," jelasnya.

Bupati berharap dengan sistem Multi Years diharapkan kualitas jalan yang dibangun sangat baik dan kuat apalagi mengingat lalu lintas masyarakat, jasa transportasi serta angkutan hasil perkebunan sangat tinggi dijalur tersebut. Pembangunan jalan lintas tersebut sudah menjadi komitmen pemkab untuk perbaikan infrastruktur yang menyeluruh, begitu juga dukungan dari anggota dewan.

"Selain itu Pemprov juga akan mengucurkan bantuan sekitar Rp142 miliar, tentunya kita usulkan untuk program skala prioritas pembangunan infrastruktur jalan seperti Jalan Simpang Pujud-Bagan Sinembah, termasuk jalan lintas Bagan Sinembah-Simpang Kanan juga rusak parah. Jalan lintas seperti ini yang harus jadi prioritas kita bersama kedepannya," kata Bupati.

Bupati dan rombongan juga meninjau kondisi pelabuhan Bagansiapiapi kondisinya saat ini rusak parah. Pelabuhan tersebut merupakan aset Pemerintah Propinsi Riau. Dilokasi tersebut bupati memerintahkan jajaranya untuk membuat surat ke Gubernur agar aset tersebut bisa diserahkan ke Pemkab Rohil.

"Apa salahnya, kita sama-sama plat merah, maju Rohil majunya Riau, sebab Rohil bagian dari Riau," imbuhnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index