Hardiknas 2016

Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita

Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita
Wabub saat menghadiri upacara Hardiknas 2016 kemarin

RIAUAKTUAL.COM  - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh di setiap 2 Mei. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Erianda, SE, Senin (2/5) di Halaman Kantor Bupati, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan yang dibacakan oleh Wabup Erianda mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum penting untuk memperkuat komitmen bangsa terhadap pembangunan negara.

"Khususnya bidang pendidikan, sebab pembangunan pendidikan merupakan jalan utama untuk bangkit meraih kemajuan dan kehormatan bangsa," kata Erianda membacakan sambutan.

Erianda menegaskan, jika selama ini pemkab telah berupaya keras untuk memperluas akses layanan pendidikan dalam rangka memenuhi hak setiap anak bangsa. Terutama hak untuk mendapatkan pendidikan dasar yang bermutu menuju indonesia hebat.

"Seiring dengan itu, tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara juga terus berkembang dan menuntut kesiapan sumber daya manusia dengan kualitas yang semakin tinggi dan kompetitif. Pada saat yang sama, institusi pendidikan juga diharapkan benar-benar dapat menjadi tempat persemaian nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa," ujarnya.

Diketahui Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema " Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita". Untuk Rohil tambah Erianda, saat ini memang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas serta perbaikan sarana dan prasaran pendidikan di Rohil.

"Semua sekolah sudah bagus dan ditargetkan semuanya memiliki Unit Sekolah Baru (USB) secara bertahap," kata Wabup.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir Ir H Amiruddin, MM mengatakan, sesuai tema pendidikan merupkan corong untuk menempa generasi penerus sebagai langkah untuk menciptakan manusia yang berkualitas.

"Perama tentunya pendidikan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat disampingi kewajiban pemerintah sebagai pihak yang melengkapi sarana dan membina  tenaga pengaja," kata Amiruddin.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rohil itu juga berharap agar generasi penerus Rohil merupkan manusia handal yang memiliki Sumber Daya Manusi (SDM) yang handal.

"Kita harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek kedepan dan berjalan begitu cepat dengan sistem yang semakin canggih," bebernya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para tenaga pendidik di Rohil yang telah bersungguh-sungguh dalam mengajar para generasi muda mulai tinglkat Paud, Tk, SD, SMP, SMA dan Pergurun Tinggi. Pemkab juga tak sebatas memfasilitasi melainkan juga menyekolahkan siswa berprestasi di Pergurun Tinggi Negri (PTN) favorit di dalam dan luar negri.

"Permasalahan pendidikan tak akan pernah usai, namun harus terus disesuiakan dnegan konsisi zaman, melahirkan generasi penerus jangan tanggung-tanggung jika mereka niat dan memang berprestasi kita kuliahkan dengan harapan bisa mengabdi di Rokan Hilir kelak," kata Amiruddin.

Peringatan Hardiknas 2016 ini juga diikuti perwakilan pelajar, mahasiswa, guru, Pramuka, dan Pejabat Eslon II di lingkungan Pemkab Rohil, unsur Forkopimda Rohil, Ketua DPRD Nasrudin Hasan serta instasi pendidikan lainnya.  (Zai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index