Kebakaran Hebat di Kuansing, Satu Unit Rumah Warga Hangus Terbakar

Kebakaran Hebat di Kuansing, Satu Unit Rumah Warga Hangus Terbakar
Satu unit rumah milik warga bernama Iyan (60), yang berada di Desa Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing, dilalap api pada Rabu (16/10) sekitar pukul 23.05 WIB.

KUANSING (RA) – Satu unit rumah milik warga bernama Iyan (60), yang berada di Desa Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing, dilalap api pada Rabu (16/10/2024) sekitar pukul 23.05 WIB. Kebakaran ini menyebabkan seluruh isi rumah hangus terbakar.

Menurut keterangan tetangga korban, Lebak (54), dirinya mendengar suara mencurigakan dari bagian belakang rumah Iyan sekitar pukul 23.05 WIB. Saat membuka jendela untuk mengecek, ia kaget melihat dapur yang terbuat dari kayu sudah terbakar.

"Setelah melihat api, saya langsung berteriak kebakaran dan meminta bantuan warga sekitar," ujar Lebak.

Sayangnya, meskipun warga berusaha memadamkan api, upaya tersebut gagal karena api dengan cepat merambat ke bagian utama rumah dan membakar seluruh isinya.

Kepala Desa Pulau Sipan, Aprisal, menjelaskan bahwa setelah menerima laporan dari masyarakat, pihaknya segera menghubungi pemadam kebakaran, Polsek Cerenti, dan Koramil 06 Cerenti.

Pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar setengah jam kemudian dan berhasil memadamkan api sekitar pukul 00.20 WIB.

Aprisal menambahkan bahwa rumah tersebut tidak dihuni pada malam hari, karena pemiliknya, Iyan, biasanya menginap di rumah saudaranya.

"Siang hari saja rumah tersebut ditempati, karena Iyan memasak menggunakan kayu bakar di sana," ujarnya.

Sementara itu, Bujang, adik dari Iyan, menuturkan bahwa sejak ibu mereka meninggal setahun yang lalu, kakaknya tinggal sendiri di rumah tersebut, namun tidak bermalam di sana.

"Siang hari kakak masih beraktivitas di rumah, tapi malamnya tidur di rumah kakak yang lain. Sore harinya, sebelum kejadian, kakak sempat memeriksa rumah dan tidak ada hal yang mencurigakan," jelas Bujang.

Menurut Bujang, tidak ada barang yang bisa diselamatkan dari kebakaran tersebut, dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 200 juta. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, juga membenarkan adanya kebakaran di Desa Pulau Sipan tersebut.

"Anggota kami sudah berada di lokasi untuk melakukan identifikasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mencegah kebakaran, baik itu dari instalasi listrik maupun aktivitas lainnya yang berpotensi memicu kebakaran," ujarnya.

Dengan adanya kejadian ini, diharapkan masyarakat lebih waspada agar peristiwa serupa tidak terulang di masa mendatang.

#Kebakaran #Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index