Disdik Pekanbaru Terima DAK Rp23,8 Miliar di 2024

Disdik Pekanbaru Terima DAK Rp23,8 Miliar di 2024
Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, tahun 2024 memperoleh Dana Alokasi Khusus atau DAK sebesar Rp23,8 miliar. Disampaikan Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, bahwa DAK tahun 2024 mengalami kenaikan dibanding tahun 2023 ini.

"Tahun 2023 kita dapat DAK sejumlah Rp22 miliar sementara untuk tahun 2024 mendatang sejumlah Rp23,8 miliar," kata Abdul Jamal, Kamis (16/11).

Terkait peruntukkan DAK itu sendiri, menurut Jamal sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Sehingga pihak sekolah yang menerima DAK harus menggunakannya sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

"Kalau DAK itu sudah ditetapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Seperti pustaka , labor komputer, labor IPA, toilet dan rehab ruang guru. Dana itu ya harus kita gunakan untuk ini, tidak boleh dialihkan untuk lainnya," terang Jamal.

Jamal tidak menampik jika ada sekolah yang mendapat DAK lebih dari satu paket kegiatan. Hal itu menurut Jamal ditentukan sendiri oleh pihak pusat yang sebelumnya sudah menurunkan tim ke Pekanbaru.

"Memang ada juga sekolah yang sudah mendapatkan bantuan untuk pembangunan labor IPA, kemudian dapat lagi Labor komputer. Biasanya pihak pusat itu menuntaskan kebutuhan sekolah yang sudah pernah mendapatkan bantuan DAK," jelas Jamal.

Dilain sisi Jamal mengaku meskipun sudah dibantu oleh DAK, namun sarana prasarana sekolah yang ada di SD Negeri dan SMP Negeri di Pekanbaru masih banyak yang perlu ditingkatkan.

Sementara untuk mengenai realisasi DAK tahun 2023 ini, Jamal menyatakan sudah terealisasi seluruhnya. "Sudah, semua selesai dikerjakan," pungkasnya. 

#Pekanbaru #Pendidikan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index