Pemko Pekanbaru Usulkan Tambahan ASN KemenPAN-RB

Pemko Pekanbaru Usulkan Tambahan ASN KemenPAN-RB
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana kembali akan mengusulkan penambahan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, bahwa secara umum saat ini ASN yang ada dilingakungan Pemko Pekanbaru masih kurang. Untuk itu, Pemko Pekanbaru mengajukan permintaan penambahan sebanyak 600 ASN. Pengajuan ini nantinya akan menempati formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan serta tenaga teknis. 

"Secara umum memang ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru masih kurang. Rencananya akan kita usulkan penambahan," ujar Muhammad Jamil, Ahad (29/11/2020).

Menurutnya, jika memang ada penerimaan ASN pada tahun 2021 mendatang, Pemko Pekanbaru akan berupaya agar mendapat formasi penerimaan ASN yang dimaksud. Sehingga formasi yang belum mencukupi dapat terisi sesuai jumlah idealnya. 

Jamil juga menambahkan, jika sebelumnya, Pemko sempat mengajukan 600 orang untuk kebutuhan ASN pada 2019 silam. Namun, jumlah tersebut tidak dapat dipenuhi. Pasalnya, pada seleksi CPNS tahun 2019 yang lalu Pekanbaru hanya mendapatkan 346 formasi. Formasi itu terdiri dari berbagai posisi. Namun formasi yang terbanyak pada tenaga didik. 

"Jadi masih kurang. Kita rencakan untuk usulan penambahan kembali," terangnya. 

Sebagai informasi, saat ini jumlah ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru berkisar 8.000 orang. Namun jumlah itu belum cukup mengisi posisi yang tersebar di 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan pemerintah kota. 

Lebih jauh dikatakan Jamil, melihat kondisi tersebut. Maka Pemko kembali usulan penambahan ASN akan disampaikan. Meskipun demikian, pihaknya masih menanti arahan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Kita masih terus menanti komposisi dari pemerintah pusat. Setelah itu mereka bakal mengajukan pengadaan ASN pada seleksi CPNS tahun depan," tutupnya. (Saf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index