Ini Tanggapan Pakar Safety Driving Soal Pengemudi yang Tersesat Lihat Penampakan Perempuan

Ini Tanggapan Pakar Safety Driving Soal Pengemudi yang Tersesat Lihat Penampakan Perempuan

Riauaktual.com - Sebuah fenomena unik terjadi pada seorang pria asal Surabaya tersesat di tengah persawahan Dusun Made, Desa/Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Ia mengaku tersesat di persawahan yang jauh dari permukiman penduduk setelah melihat penampakan perempuan di Pandaan, Pasuruan.

Terlepas dari benar atau tidaknya peristiwa itu, ada beberapa penjelasan ilmiah yang dapat dijelaskan oleh pakar keselamatan berkendara. Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian mengungkap ada beberapa kondisi yang membuat pengemudi mengalami hal tersebut.

"Menggunakan headset akan membuat semacam fenomena cubical (seperti kita bekerja di dalam kotak) artinya ini bagian dari distraction atau gangguan mengemudi, pengemudi akan cenderung asik sendiri, referensi UU juga mengatur penggunaan headset ini salah," lanjutnya."Keterangan mengatakan sebelumnya pengemudi mengikuti rapat. Artinya standar minimal sebagai pengemudi tidak terpenuhi yaitu kondisi tidak fit. Rapat pekerjaan kantor sangat memakan tenaga dan pikiran. Jadi analisa pertama saya pengemudi dalam keadaan lelah," ujarnya sebagaimana dikutip dari detikcom, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya kombinasi distraksi dan faktor kelelahan ini menjadi pemicu munculnya ilusi-ilusi saat berkendara.

Sementara itu Reza juga mengamati dari cara berkendara dan jenis kendaraannya. Ia melewati tol dan berakhir di jalan yang tidak rata menggunakan mobil Xenia. Harusnya ia dapat merasakan perubahan jalan kalau dalam keadaan fit dan sadar saat berkendara.

"Lingkungan jalan yang gelap juga menjadi masalah ketika bertemu dengan kelelahan, literasi mengatakan bahwa keadaan gelap dan waktu jam tidur akan mendorong dan sangat memungkinkan mata merem tetapi kaki dan tangan masih aktif tetapi tidak sinkron. Gas dan stir tetap bekerja sedangkan mata tertutup," pungkasnya."Mobil MPV dan rwd yang digunakan dengan medan sesuai di foto sih sepertinya tidak masalah menembus hingga sedalam itu. Harusnya pengemudi aware tapi kembali lagi ke analisa di atas, karena banyak "gangguan" - nya maka "tidak terasa" goncangan dan sebagainya," lanjutnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index