Sekda Rokan Hilir Drs H Surya Arfan MSi, dalam acara Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Infrastruktur Bidang Sanitasi.

Acara Workshop DP2KBP3A Rohil dihadiri Sekda Surya Arfan

Selasa,26 Maret 2019 - 14:50:44 WIB Di Baca : 171 Kali

Riauaktual.com - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan dan Perlindungan Anak,(DP2KBP3A) Kabupaten Rokan Hilir, Menggelar Workshop Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tingkat Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2019. Acara digelar di kantor Bupati,di Ruangan Sekretaris Daerah, Senin (25/3) di jalan Lintas Perkantoran Batu Enam, Rohil Riau.

Acara Workshop tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Rohil,Drs.H.Surya Arfan,MSi,Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Rohil serta dihadiri 46 institusi Kelembagaan Rohil.

Kepala Dinas DP2KBP3A,Ir.Sri Rahayu dalam Workshop memaparkan, bahwa tujuan dari Workshop tersebut adalah Untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak yang sangat dibutuhkan kerjasama semua pihak karena Pemerintah tidak bisa menjalankan tugas tanpa kerjasama semua Stakeholder baik itu OPD, Lembaga institusi, maupun Media Massa, dalam rangka memperjuangkan negeri seribu kubah sebagai kabupaten layak anak, Kata Sri Rahayu.

Loading...

"Kita dari pemerintah tentunya tidak bisa sendiri,Semua pihak harus terlibat,Pemkab bersama stakeholder, OPD, LSM,dan media massa juga mempunyai peran yang sama mendorong kabupaten layak anak," Ujar Sri Rahayu, seperti diberitakan riaugreen.com.

Ia juga menegaskan bahwa, ada banyak indikator yang harus dikejar hingga bisa mencapai target, Sehingga butuh dukungan semua pihak, Hal yang utama juga soal layak anak itu berasal dari keluarga, Jika keluarga tidak layak maka sulit untuk mencapai target kabupaten layak anak.

Sri Rahayu menambahkan, ada beberapa Kluster untuk mencapai target Kabupaten layak anak dan satu kelembagaan Diantaranya kelembagaan yang merupakan tanggungjawab semua OPD. Kluster pertama adalah soal hak sipil dan kebebasan itu terkait anak dan mendapatkan kutipan akta kelahiran dan tersedia fasilitas informasi layak. Sejak lahir anak-anak harus sudah memiliki Akte Kelahiran dan orangtua wajib mengurus itu.

Selain itu, tingkat partisipasi anak dalam penyusunan program kegiatan dan kebijakan (jumlah kelompok anak, termasuk anak yang ada di Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan). "Untuk saat ini jumlah kelompok anak yang belum terbentuk hanya tingkat kelurahan/kepenghuluan. Insaallah dalam waktu dekat akan terbentuk dan disusun kepengurusannya, " Ucapnya.

Sementara itu, Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan MSi didampingi Kepala Bappeda HM Job Kurniawan Ap.M.Si mengatakan kalau Pemkab rohil akan berkomitmen mewujudkan negeri ini menjadi kabupaten layak anak. "Pertemuan kali ini dihadiri oleh 46 institusi kelembagaan termasuk OPD. Harapan kita bisa bersama-sama bersinergi untuk mewujudkan kabupaten layak anak," Pungkasnya. (*)
 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...