Ngeri, Brasil Tembus 1 Juta Kasus Covid-19

Ngeri, Brasil Tembus 1 Juta Kasus Covid-19
Ilustrasi. (Foto: Getty Images)

Riauaktual.com - Brasil melaporkan lebih dari 1 juta kasus coronavirus disease 2019 (Covid-19). Kepala Badan Kesehatan Dunia WHO. Tedros Adhanom Ghebreyesus. mengatakan pandemi itu sedang meningkat.

"Kita berada dalam tahap baru yang berbahaya," ujar Tedros dalam konferensi pers di Jenewa hari Jumat (19/6/2020) dan mengingatkan bahwa langkah penutupan wilayah dan penghentian seluruh kegiatan atau lockdown masih diperlukan untuk mencegah meluasnya wabah virus mematikan ini.

Tedros mengatakan lebih dari 150 ribu kasus baru dilaporkan di berbagai belahan dunia Kamis lalu (18/6/2020), peningkatan tertinggi dalam satu hari yang pernah dilaporkan sejak kasus itu meluas Desember lalu. Peningkatan paling signifikan terjadi di Asia Selatan dan Timur Tengah.

Hingga Jumat malam ada lebih dari 8,6 juta kasus di seluruh dunia, di mana seperempatnya berasal dari Amerika, yang masih memimpin dengan lebih dari 2,2 juta kasus.

Brasil menjadi negara kedua, dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 1 juta orang. Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah meremehkan Covid-19, sebagai penyakit yang tak lebih dari "flu ringan" dan mengatakan siapa pun yang khawatir tentang hal itu berarti memiliki gangguan jiwa. 

Ia mendorong bisnis di Brasil untuk mulai beroperasi kembali dan menyerukan kepada negara-negara bagian untuk mencabut lockdown yang diberlakukan.

Pemerintah Brasil pada Jumat (19/6/2020) mengumumkan pedoman baru bagi toko pengepakan daging setelah melesatnya jumlah kasus di fasilitas pengolahan makanan, termasuk menjaga agar para pekerja bekerja dengan jarak satu meter satu sama lain. 
Namun, wakil-wakil para pekerja mengatakan rencana itu tidak memberikan cukup perlindungan bagi para pekerja.

Para pakar di University of Washington's School of Medicine mengatakan kepada CBS News bahwa berdasarkan model perkiraan kasus mereka, jumlah kasus kematian di Brasil dapat melampaui Amerika bulan depan.

 

 

Sumber: VOA Indonesia

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index