Perangi Hoax, Mahasiswa KKN Unri Masifkan Sosialisasi Vaksinasi

Perangi Hoax, Mahasiswa KKN Unri Masifkan Sosialisasi Vaksinasi

Riauaktual.com - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) memanfaatkan kesempatan program kuliah nyata (KKN) untuk memasifkan sosialisasi dan melawan maraknya hoax terkait pelaksanaan program di tengah masyarakat pedesaan. Langkah itu dilakukan sebagai bagian yang mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Mohamad Zacky Elriansyah, salah seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi Unri yang melaksanakan KKN mengatakan masih cukup banyak informasi yang berkaitan dengan vaksinasi yang mengganjal target pemerintah dalam mewujudkan herd immunity.

Untuk itu, dia bersama sembilan rekan mahasiswa tanpa lelah mendatangi masyarakat untuk memberikan informasi yang tepat di lokasi mereka melaksanakan KKN, Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

"Kami cenderung menyasar kepada masyarakat, terutama ibu-ibu dalam sosialisasi ini. Dari kegiatan ini, kami menyadari hoaks menjadi virus tersendiri yang harus dilawan selain Covid-19 itu sendiri," katanya dihubungi dari Pekanbaru, Jumat (6/8/2021). 

Salah satu informasi menyimpang yang kerap mereka temui di kalangan masyarakat adalah bahwa vaksin racun, vaksin juga disebut menularkan virus, dan lainnya.

Namun, kami berusaha menjelaskan dengan perlahan dan menggunakan bahasa yang mudah. ??Kami menjelaskan kepada masyarakat bahwa vaksin itu mengandung virus yang melumpuhkan sehingga terbentuk antibodi," urainya.

Dan jika kita mendengar ada demam atau bengkak di tempat penyuntikan, itu adalah hal yang biasa saja dalam proses pembentukan antibodi dalam tubuh manusia. Reaksi-reaksi ringan akibat vaksinasi itu bisa hilang dalam satu dua hari. Dalam kartu vaksinasi pun sudah diberikan kontak untuk menghubungi jika terjadi beberapa keluhan," timpalnya.

Kegiatan sosialisasi itu berlangsung setiap hari selama masyarakat melaksanakan program KKN.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi itu, masyarakat Desa Babussalam pun akhirnya menyadari pentingnya vaksinasi. Alhasil, saat dilaksanakan vaksinasi gratis oleh petugas kesehatan setempat pada akhir Juli 2021 kemarin, antusiasme masyarakat sangat tinggi.

Sosialiasi, mahasiswa turut menggugah kesadaran masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan masker setiap waktu. Mahasiswa juga turut membagikan ratusan masker untuk masyarakat. "Peran kita semua sangat penting jika ingin bebas dari Covid-19," tutup dia.

# #

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index