Cegah Warga Mudik, Jokowi Wacanakan Libur Lebaran Diganti

Cegah Warga Mudik, Jokowi Wacanakan Libur Lebaran Diganti
Presiden Joko Widodo (int)

Riauaktual.com - Ribuan warga sudah melakukan mudik dari kawasan DKI Jakarta  dan sekitarnya ke kampung halaman. Padahal mudik tersebut bisa menambah penyebaran virus corona.

Presiden Joka Widodo (Jokowi) meminta jajarannya menyiapkan skenario untuk mencegah warga mudik. Salah satunya dengan mengganti hari libur lebaran ke hari lain.

"Saya melihat ini untuk mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya, ini mungkin bisa dibicarakan," kata Jokowi membuka rapat terbatas yang disiarkan secara online, Kamis (2/4/2020).

Jokowi juga mengusulkan penggratisan tempat wisata bagi masyarakat di hari libur pengganti lebaran. Dia berharap ada langkah konkret di tengah pandemi virus Corona ini.

"Kedua memberikan fasilitas arus mudik bagi masyarakat pada hari pengganti tersebut. Kemudian juga bisa di kemudian hari menggratiskan tempat-tempat wisata yang dimiliki oleh daerah. Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat," katanya, sebagaimana dikutip dari Inews.id.

Mantan Wali Kota Solo ini meminta Menteri Kesehatan membuat teknis penanganan mudik. Baik lurah, camat, hingga wali kota harus mempunyai strategi yang sama.

"Saya tegaskan bahwa mulai dari presiden menteri gubernur, bupati, walikota sampai kades, lurah harus satu visi yang sama, satu strategi yang sama. Satu cara yang sama dalam menyelesaikan persoalan yang kita hadapi sekarang ini," ucapnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index