Pandemi COVID-19, Desa Bukit Batu Bagikan Tempat Cuci Tangan, dan Semprot Desinfektan Jalan Umum

Pandemi COVID-19, Desa Bukit Batu Bagikan Tempat Cuci Tangan, dan Semprot Desinfektan Jalan Umum
Kepala desa Bukit Batu Mahendra beserta perangkat desa dan bidan desa dari Poskesdes dan Linmas serta FKPM ikut cegah penyebaran COVID-19 Selasa (31/3

Riauaktual.com- Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) diwilayah desa Bukit Batu, sekaligus mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam upaya pencegahan virus mematikan ini. Pemerintah desa Bukit Batu melakukan penyemprotan di seluruh jalan umum dan fasilitas umum sejak Senin (30/3) hingga selasa (31/3) khususnya di wilayah desa Bukit Batu.

 

Berdasarkan pantauan dilapangan, pencegahan penyebaran COVID-19 ini dilaksanakan Senin, (30/3) membagikan tempat cuci tangan portable selain itu sabun cuci tangan khususnya ditempat umum.

Kemudian pada Selasa (31/3) seluruh aparatur perangkat desa Bukit Batu ikut bersama sama melaksanakan penyemprotan desinfektan jalan umum terbagi tiga dusun diantaranya Bukit Batu Darat, Bukit Batu Laut, dan Parit Rodi.

Kepala Desa Bukit Batu, Mahendra mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini selain mendukung program pemerintah pusat juga mendukung program pemerintah daerah untuk memutuskan mata rantai virus mematikan (Covid-19) ini yang sudah mewabah diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

“Iya hari ini, kita dari pemerintah desa Bukit Batu melakukan penyemprotan desinfektan jalan umum dan fasilitas umum pada tiga dusun Bukit Batu darat dan laut terakhir dusun Parit Rodi. Selasa kemarin dengan melibatkan seluruh perangkat desa Bukit Batu, bidan desa dari Poskesdes dan Linmas serta FKPM ikut serta membagikan tempat cuci portable dan sabun cuci disejumlah tempat umum,”ungkap Kades Mahendra kepada wartawan Selasa, (31/3).

Mahendra juga mengatakan, masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Bengkalis terutama diwliayah desa Bukit Batu agar tetap menjaga pola hidup bersih serta mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 di Indonesia.

“Untuk itu kita, beserta perangkat desa melakukan penyemprotan cairan desinfektan di tempat umum yang ada di lingkungan Desa Bukit Batu, seperti masjid, sekolah, posyandu dan lain sebagainya. Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara pembuatan cairan desinfektan dengan harapan agar masyarakat bisa melakukan  penyemprotan secara mandiri dirumah masing-masing,” imbuh Mahendra.

Mahendra juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik dan tetap waspada terhadap Covid-19. Selain itu, Kepala Desa Bukit Batu ini juga agar masyarakat memahami bagaimana sangat penting pola hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga diri, keluarga serta lingkungannya, yaitu dengan membiasakan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir, makan makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, menghindari keramaian, dan social distancing.

“Mudah- mudahan dengan segala upaya yang dilakukan pemerintah guna memutuskan penyebaran virus corona (Covid-19) ini, maupun dengan menjaga pola hidup sehat dan karantina mandiri dirumah serta menghindari keramaian dan social distancing kita semua terbebas dari virus mematikan ini  dan akan sirna sebelum dibulan suci Ramadhan,” ucap Kades dengan optimis. (har)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index