Cegah Penyebaran Corona, Mulai Besok Gubernur Papua Tutup Akses Orang Sementara

Cegah Penyebaran Corona, Mulai Besok Gubernur Papua Tutup Akses Orang Sementara
Gubernur Papua Lukas Enembe 

Riauaktual.com - Untuk mencegah penyebaran virus corona, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan di wilayah Papua mulai 26 Maret hingga 9 April 2020, akses orang atau penumpang baik melalui laut maupun udara akan ditutup sementara.

"Namun untuk angkutan barang dan bahan makanan tetap akan dibuka," kata Gubernur Enembe seusai memimpin rapat Forkopimda terkait COVID-19 di Jayapura, Selasa (24/3) seperti dilansir Antara.

ils: int

Dia mengatakan, penutupan itu dilakukan hingga 14 hari ke depan dan akan diperpanjang bila terjadi peningkatan kasus. Tidak ada istilah lockdown hanya pembatasan sosial, kata Gubernur Enembe.

Ia mengatakan hal ini juga berlaku bagi penumpang kapal PT Pelni, yang mulai Kamis (26/3) tidak diizinkan turun. "Hanya barang yang diperbolehkan turun di bandara dan pelabuhan di Papua," katanya.

Penghentian pergerakan penduduk lokal Papua khusus untuk wilayah adat Animha, Lapago, Mepago, jelas Gubernur Enembe.

Sementara itu, Sekda Papua Heri Dosinaen menambahkan, selama 14 hari sesuai kesepakatan dengan FKUB ibadah tidak lagi dilakukan di rumah ibadah, baik gereja maupun masjid.

TNI-Polri akan bersinergi melakukan penertiban terhadap warga yang berkeliaran di jalan-jalan.

"Selain itu, tempat hiburan malam juga ditutup serta pasar dibuka dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT," ujar Dosinaen. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index