Meski Pandemi Corona, Wawalkot Samarinda Nekat Gelar Resepsi Nikah Anaknya

Meski Pandemi Corona, Wawalkot Samarinda Nekat Gelar Resepsi Nikah Anaknya
Pelaminan tempat resepsi nikah anak wawalkot Samarinda. (Foto: dok. ist)

Riauaktual.com - Wakil Wali Kota Samarinda Muhammad Barkati tetap melangsungkan resepsi pernikahan anaknya di tengah pandemi virus corona COVID-19. Acara ini akan mengundang ribuan tamu.

Ditemui di Convention Hall, Sempaja, Sabtu (21/3/2020), Barkati menanggapi imbauan tersebut. Barkati memberikan penjelasan mengenai acara pernikahan anaknya yang akan berlangsung pada Minggu (22/3).Menurutnya, semua persiapan sudah dilakukan dengan matang dan tidak bisa diundur.

"Baik mekanisme penerimaan tamu undangan, sudah disesuaikan dengan kondisi pada saat ini," katanya.

Barkati mengatakan ketika saat acara, pihaknya menyediakan peralatan, dan fasilitas acara yang sudah disemprot dengan disinfektan oleh petugas kesehatan. Ia juga akan mengikuti protap sesuai dengan ketentuan dari Tim Kesehatan.

"Wastafel cuci tangan disertai dengan sabun disinfektan," tambahnya.

Tak luput pula alat screening pengukur suhu tubuh juga ada di setiap pintu masuk tamu undangan yang hadir di pernikahan anaknya. Barkati mengklaim telah menugaskan petugas dan sarana medis.

"Hand sanitizer sepanjang jalan labirin, setiap area, meja konsumsi, area pelaminan, pintu keluar, dan mobile. Juga ada 4 orang tim dokter, 4 tenaga kesehatan, ruang perawatan dan 1 ambulance," jelas Barkati.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah mengimbau kepada masyarakat untuk berada di rumah selama masa penanganan virus corona. Ini dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran.

Disinggung mengenai apakah dirinya telah berkomunikasi dengan Syaharie Jaang soal perhelatan anaknya tersebut, Barkati mengaku sudah ada. Ia juga mengklaim bahwa dirinya telah mendapatkan izin.

"Yang penting protap-protap kesehatan harus dilaksanakan," katanya lagi, sebagaimana dikutip dari detikcom.

Wakil Wali Kota Samarinda Muhammad Barkati. Foto: dok. ist

Soal kritikan netizen di media sosial, Barkati menanggapinya dengan santai dan membiarkan. Ia juga menyatakan bahwa a resepsi pernikahan tersebut tidak akan dibatalkan.

"Wajar itu, semua telah kita perkirakan. Nanti untuk tamu, saya yang datangi tamu untuk bersalaman, bukan mereka," pungkas Barkati.

Menyusul arahan Jokowi, Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona. Tertuang kalimat agar kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum dan di lingkungan sendiri ditiadakan.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index