Beredar Hoax yang Sebutkan Bentuk Virus Corona Setelah Diperbesar 2.000 Kali, Ini Faktanya

Beredar Hoax yang Sebutkan Bentuk Virus Corona Setelah Diperbesar 2.000 Kali, Ini Faktanya

Riauaktual.com - Wabah virus corona saat ini masih meresahkan masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Pasalnya virus ini telah menginfeksi sebanyak 34 orang di Indonesia dan 126.136 orang di dunia. Dampaknya, banyak beredar informasi yang tidak benar mengenai kasus virus corona ini.

Seperti informasi yang bererdar mengenai bentuk virus corona yang diperbesar 2.600 kali lipat. Informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Ashari Helmy yang membagikan sebuah video Youtube berdurasi 2 menit dengan judul menggunakan bahasa Arab.

Jika diartikan, video tersebut berjudul 'Lihat wabah virus corona setelah diperbesar 2.600 kali dan bagaimana cara membasminya'. Video menunjukan bahwa virus corona yang sudah diperbesar memiliki bentuk menyerupai serekor tupai.

Gambar tersebut bukanlah bentuk dari virus corona, melainkan kumbang kecil yang berasal dari keluarga besar Curculionoidea.

Situs resmi Turn Back Hoax pun memberikan klarifikasi mengenai informasi yang beredar tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut bukanlah bentuk dari virus corona, melainkan kumbang kecil yang berasal dari keluarga besar Curculionoidea.

Saat mencari gambar menggunakan Google, foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun Twitter @Helios_en pada 26 Februari 2020. Dalam unggahannya, ia menjelaskan bahwa hewan tersebut yang merupakan kumbang kecil yang berasal dari dari keluarga besar Curculionoidea.

Kumbang tersebut sangat kecil dan berukuran kurang dari 6 milimeter, merupakan hewan herbivora yang mengonsumsi tepung, gandum, barley, dan sereal.

 

 

 

Sumber: Planet.merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index