ils (int)

Musim Penghujan Banjir Melanda, Dinas PUPR Akui Drainase Pekanbaru Sudah 'Tua'

Rabu,07 November 2018 - 21:06:46 WIB Di Baca : 384 Kali

Riauaktual.com - Mengingat intensitas curah hujan pada bulan November hingga penghujung tahun cukup tinggi. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mengaku saat ini pihaknya masih berupaya antisipasi agar tidak terjadi banjir maupun genangan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengatakan bahwa daya tampung drainase yang ada di Kota Pekanbaru memang tidak memadai saat musim penghujan seperti saat ini.  

"Rata-rata drainase di Pekanbaru ini kan dibangun pada zaman dahulu atau 'tua' saat pemukiman warga tidak sepadan saat sekarang ini. Ditambah lagi, daerah resapan air hampir tak ada lagi. Sehingga pada saat hujan turun air langsung masuk ke drainase yang bisa meluap  ke jalanan dan mengakibatkan banjir," ujarnya.

Loading...

Menurut Indra, sajauh ini pihaknya memang sudah melakukan normalisasi terhadap drainase yang sudah banyak Sedimentasi (Proses pengendapan material yang ditransport oleh media air).

"Disamping normalisasi drenase dan pembersihan parit terhadap sampah. Kita juga melakukan pengerutan
sungai-sungai yang sudah mengalami kedangkalan," jelasnya.

Indra juga menambahkan, selain persoalan banjir.  Pihaknya juga mendata jalanan yang rusak dan berlubang di Pekanbaru untuk dilakukan tambal sulam.

"PUPR sudah petakan lokasi untuk perbaikan jalan di Pekanbaru, untuk prioritas, yang menggangu keselamatan masyarakat saat berkendara. Terutama di lokasi yang berkaitan dengan dua pembangunan Fly Over, di Simpang Pasar Pagi Arengka dan Mal SKA," tutupnya. (saf)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...