Budidaya Pohon Geronggang Memajukan Masa Depan Ekonomi Masyarakat Rupat

Budidaya Pohon Geronggang Memajukan Masa Depan Ekonomi Masyarakat Rupat

Riauaktual.com - Ada satu hal yang menarik ketika melihat pembibitan pohon Geronggang di Jalan Meranti Kelurahan Pergam Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. 

Kelompok tani di bawah naungan Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) yang di nahkodai Iskandar ini berjalan sukses, dan berhasil meningkatkan taraf kehidupan masyarakat setempat.

Ketika berbincang bersama Riauaktual.com, Selasa (17/12/2019), Iskandar menyebut, satu hal yang menarik dari geronggang adalah cocok tumbuh di lahan gambut, mudah ditanam, tanpa perlu perawatan, dan bernilai ekonomis tinggi. 

"Pohon ini memiliki kemampuan bertahan dari panas, cepat tumbuh dan dapat hidup di lahan yang pernah terbakar. Batang kayunya yang keras dan liat mampu membuat vegetasi ini bertahan dalam kondisi kering dan panas," ungkapnya.

Dilanjutkan Iskandar, satu hektar lahan bisa membudidaya pohon geronggang sebanyak ribuan batang, dengan masa panen sekitar 10 tahun. 

"1 hektar lahan yang ditanam geronggang pada saat panen bisa bernilai 3 Miliar rupiah. Dan jika ini dibagi perbulan selama 10 tahun, artinya 1 hektar geronggang memberi pemasukan jutaan rupiah perbulan," ungkapnya.

Sementara, kata Iskandar lagi, sembari menunggu panen, di sela-sela pohon geronggang bisa ditanam tumbuhan yang masa panennya lebih cepat, seperti nanas atau rotan. 
 
"Hal ini juga sejalan dengan program kehutanan sosial pemerintah pusat yang pengelolaannya harus berbasis pelestarian," ucapnya. (M.ART)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index