RSUD Madani Pekanbaru Baru Berfungsi Optimal Februari 2020

RSUD Madani Pekanbaru Baru Berfungsi Optimal Februari 2020
foto : internet

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Diskes), mempersiapkan akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Pekanbaru. RSUD yang terletak di Jalan Garuda Sakti KM.2 Kecamatan Tampan Pekanbaru ini ditargetkan sudah berfungsi dengan baik pada 2020 mendatang. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengatakan bahwa seluruh layanan RSUD ditargetkan sudah dapat dioperasikan secara menyeluruh pada Februari 2020 mendatang. 

"Memang saat ini masih berproses. Kita juga sedang persiapkan akreditasi nya. InsyaAllah Februari 2020 sudah bisa dioperasikan dengan baik. Seluruh layanan sudah dapat diakses masyarakat," kata Amin, Rabu (4/12/2019). 

Menurutnya, masih ada beberapa fasilitas RSUD yang masih harus dilengkapi. Saat ini juga tengah digesa pengerjaan fisik beberapa ruangan, seperti ruang operasi, ruang laboratorium, dan ruang rawat inap. 

Selain dari pembangunan gedung, beberapa fasilitas alat kesehatan (Alkes) dan alat pendukung lainnya masih mengalami kekurangan. 

"Saat ini RSUD memang sudah beroperasi. Cuma masyarakat masih terbatas untuk mendapatkan layanan. Masyarakat belum dapat melakukan rawat inap," terang Amin. 

Amin mengatakan, untuk penyempurnaan fisik seluruh bangunan RSUD Madani ia targetkan supaya dapat rampung pada akhir tahun ini. Agar beberapa Alkes yang masih belum terlengkap sudah dapat didatangkan pada Januari nanti. Sehingga pada Februari, RSUD Madani sudah berfungsi optimal dengan seluruh layanan yang dapat diakses masyarakat. 

"Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah dipersiapkan, agar RSUD Madani bisa maksimal dalam memberikan pelayanan," ucapnya. 

Meski belum mendapatkan akreditasi, Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Madani saat ini tetap menyiagakan satu dokter setiap malam. Sedangkan dokter lainnya, terutama spesialis, berpraktik pada siang hari.

Sebagai informasi, pembangunan RSUD Madani sendiri dimulai pada tahun 2016 silam. Pada saat itu pembangunan gedung utama dan Instalasi Gawat Darurat (IGD), jaringan, pendingin udara, gas medis dan lift sudah selesai, dan diresmikan pada bulan Februari 2018 lalu. (Saf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index