Ilustrasi (net)

Kasus HIV dan Aids di Pekanbaru Mencapai 3317 Kasus

Selasa,03 Desember 2019 - 09:01:20 WIB Di Baca : 213 Kali

Riauaktual.com - Hingga Oktober 2019, angka Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (Aids) di Kota Pekanbaru mencapai 3317 kasus. 

Jumlah itu tercatat sejak tahun 2004 silam. Dengan rincian HIV 1862 kasus dan AIDS sebanyak 1455 kasus. Tahun ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat ada penambahan di banding tahun 2018 lalu. 

Untuk HIV ada peningkatan 237 kasus dan Aids 23 kasus. Menanggapi itu, Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT menyebut penyebaran HIV dan Aids tidak lepas dari gaya hidup glamor dan pergaulan bebas. Konsumsi narkoba juga menjadi faktor penularan virus mematikan ini.

Loading...

"Penularan akan hilang bila kita jauhi semua kebiasaan yang negatif ini," kata Firdaus, Senin (2/12/2019) kemarin.

Ia mengajak masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang berlawanan dengan norma agama, norma susila dan norma sosial. Adanya aktivitas yang bertentangan dengan norma-norma itu menjadi faktor resiko penularan HIV. 

"Keluarga harus menjadi tauladan, jangan sampai mereka dapat dampak buruk dri lingkungan yang tidak baik," kata dia.

Firdaus juga mendorong sosilisasi seputar bahaya HIV/AIDS dan narkoba kepada kawula muda. "Mereka juga diajak untuk menghindari pergaulan bebas dan terhindar," kata dia. (Das)



Loading...

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com