Wawako Minta Kontraktor Tanggung Jawab Terhadap Dampak Pembangunan IPAL

Wawako Minta Kontraktor Tanggung Jawab Terhadap Dampak Pembangunan IPAL
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi (int)

Riauaktual.com -  Banyaknya menuai keluhan, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi meminta kontraktor pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) melalui tim Satuan Kerja (Satker) supaya segera merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat terhadap dampak dari pekerjaan pembangunan IPAL di Kecamatan Sukajadi. 

Menurut Ayat, meskipun ini proyek dari Pemerintah pusat. Namun, pihak kontraktor harus memerhatikan masyarakat sekitar lingkungan pembangunan itu berlangsung. Sehingga tidak ada dirugikan dari proyek  pembangunan tersebut.  

"Kita sudah sampaikan kepada pihak pengembang proyek, supaya dapat memberikan solusi apa yang menjadi keluhan masyarakat. Jangan sampai masyarakat menjadi korban," ungkap Ayat Cahyadi, Ahad kemarin. 

Ia juga menyayangkan, jika pihak kontraktor masih belum melakukan tindakan seperti apa yang dikeluhkan masyarakat. Seperti perbaikan sejumlah ruas jalan rusak akibat dari galian penanam pipa IPAL tersebut, hingga beberapa kerusakan pada bagian rumah maupun kios masyarakat. 

"Memang pekerjaan mereka belum selesai dan masih berjalan. Tapi kita sudah Perintahkan dinas teknis supaya berkoordinasi, sehingga segera melakukan perbaikan jalan bekas galian itu," Jelas Ayat. 

Ditambahkan Ayat, dalam perbaikan jalan juga akan dikembalikan seperti bentuk semula, yaitu dalam bentuk lapisan aspal. 

Proyek IPAL ini langsung dari Kementerian PUPR merupakan program pemerintah pusat. Proyek ini juga program Sustainable Development Goals (SDGs).

IPAL yang sedang dibangun di Kota Pekanbaru merupakan proyek percontohan nasional. Ada empat kota yang mendapat proyek percontohan itu, antara lain, Pekanbaru, Palembang, Makassar, dan Jambi. 

Pemko menunjuk kecamatan Sukajadi menjadi yang pertama dalam pembangunan, karena jumlah penduduknya yang padat. Nantinya pembangunan akan berlangsung di seluruh wilayah Kota Pekanbaru.

Saluran IPAL akan tertanam dibawah tanah diseluruh wilayah Pekanbaru, saluran itu menampung seluruh limbah rumah tangga. akhir dari pembuangan limbah rumah tangga itu nantinya ke wilayah Teluk Lembu Ujung. (Saf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index