HUT PGRI Ke-74 Tahun, Wako Pekanbaru Sampaikan Pesan Mendikbud

HUT PGRI Ke-74 Tahun, Wako Pekanbaru Sampaikan Pesan Mendikbud
Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menyerahkan penghargaan kepada Kepala SMP Negeri 4 Rukiah sebagai sekolah sahabat keluarga.(ist)

Riauaktual.com - Bersempena hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 pada tanggal 25 November 2019, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus berharap agar kedepannya guru inovatif sesuai dengan pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam pidatonya. 

Firdaus mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Mendikbud, para guru diminta untuk melakukan perubahan dalam pola mengajar dan menggali potensi anak didik dalam menemukan bakatnya masing-masing.

"Sekali lagi, segera lakukan perubahan. Sekecil apapun perubahan itu harus dilakukan didalam kelas masing-masing," ujar Firdaus usai memimpin 

Upacara HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional di lapangan Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (25/11).

Menurut Firdaus, perubahan pola pengajar tersebut adalah sebuah komunikasi dua arah antara guru dan anak didik dengan inovasi-inovasi. Sehingga sekolah tidak menciptakan guru yang kesannya tidak hanya  mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rutin dan administratif. 

"Cobalah mulai lakukanlah inovasi yang kecil dulu, seperti belajar dengan alam. Dimana anak-anak perlu diajak belajar dikeluar kelas. Sebab belajar di dunia nyata akan mempercepat menggali potensi diri," ucapnya. 

Lebih jauh dikatakan Firdaus, setiap anak memiliki potensi sendiri dan tumbuh dengan pemikiran yang berbeda-beda. Hal inilah yang perlu digali oleh tenaga pendidik untuk mengembangkan potensi anak muridnya. 

"Bagi anak yang lambat pertumbuhannya mesti didorong. Agar, mereka mampu menemukan potensi diri. Artinya, lakukanlah perubahan. Sehingga tercipta para generasi yang unggul dan mampu membawa negeri ini sejahtera bagi bangsa dan negara," urainya.

Terakhir Wako juga mengucapkan terimakasih atas seluruh jasa tenaga pendidik yang masa lalu, masa kini dan akan datang.

''Tidak cukup hanya terimakasih sebenarnya atas jasa para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Sampai kapanpun, mereka selalu ada di hati kita semua dan sampai kapanpun mereka selalu menjadi pahawalan kita. Selamat hari guru dan terimakasih atas jasamu Guru,'' tutupnya. (Saf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index