Survei Indikator: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Masih Mencemaskan

Survei Indikator: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Masih Mencemaskan
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi.

Riauaktual.com - Lembaga riset Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei Pilpres 2019, pada Rabu (26/9/2018). Hasilnya, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno.

 

Responden disurvei dengan menggunakan pertanyaan, 'jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden?'

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada diangka 57,7% sedangkan Prabowo-Sandi 32,3%.  Ada 1,0% respoden yang tidak memilih sedangkan tidak tahu/tidak jawab sebesar 9,0%.

Dikutip rakyatku.com, keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin atas Prabowo-Sandi masih mencemaskan atau belum dikategorikan aman. Sebab, masih ada waktu 7 bulan lagi.

Temuan lainnya, adalah kemungkinan mengubah pilihan. Sebanyak 29,5% sangat kecil mengubah pilihan, 44,8% kecil kemungkinan mengubah pilihan, 20,4% cukup besar mengubah pilihan dan 4,6% sangat besar mengubah pilihan.

Survei digelar dengan wawancara langsung dalam kurun waktu 1-6 September 2018.

Metodologi survei adalah multistage random sampling dengan bertanya kepada warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu. Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index