Gempa Guncang Aceh Tenggara, Masyarakat Diimbau Tidak Panik

Gempa Guncang Aceh Tenggara, Masyarakat Diimbau Tidak Panik
ils (int)

Riauaktual.com -  Gempa tektonik berkekuatan 4,3 skala Richter (SR) menggunjang Bumi Serambi Makkah pada pukul 16.13 WIB tadi. Gempa kali ini berpusat di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Jumat (2/3/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat titik koordinat gempa berada 3,42 Lintang Utara dan 97,83 Bujur Timur, tepatnya 1 kilometer timur laut Aceh Tenggara dengan kedalaman 113 km.

Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara Arianti Pinem mengatakan, gempa berkekuatan 4,3 SR tersebut tidak terlalu lama mengguncang, namun cukup dirasakan masyarakat.

"Ada terasa (gempa), tapi cuma sebentar, hanya sekali entakan," kata Arianti dikutip dari Okezone, Jumat (2/3/2018) malam.

Sejauh ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak menerima laporan terkait kerusakan bangunan atau gedung akibat gempa tersebut.

Mereka juga tidak menerima informasi adanya korban, namun tetap melakukan pemantauan di lapangan mengenai perkembangan pascagempa.

"(Saat ini) belum ada laporan (terkait kerusakan bangunan dan korban jiwa)," ujar Arianti.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat ketika terjadi gempa tidak panik berhamburan keluar rumah. Mereka diminta tetap siaga dan waspada, serta hindari panik.

Kabupaten Aceh Tenggara merupakan salah satu wilayah yang tidak memiliki laut dan bibir laut. Maka itu, jika terjadi gempa berkekuatan besar pun tidak akan menimbulkan gelombang tsunami.

"Berbeda dengan masyarakat kabupaten dan kota lain di Aceh yang berada di pinggir laut. Kepanikan jelas terlihat karena trauma kejadian gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. Jadi, jangan panik. Bersikap siaga saja kalau ada gempa susulan," pungkasnya.

 

Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index