Hari Pertama Operasi Zebra Siak di Pekanbaru, Sudah 50 Orang Pengendara Ditilang

Hari Pertama Operasi Zebra Siak di Pekanbaru, Sudah 50 Orang Pengendara Ditilang
Personel Satlantas Polresta Pekanbaru saat melakukan razia Operasi Zebra di Jalan Yos Sudarso Rumbai, Rabu (1/11). Foto ig

Riauaktual.com - Hari pertama Operasi Zebra Siak 2017 digelar di ruas Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru, Rabu (1/11) pagi.

 

Puluhan petugas polisi lalu lintas (polantas) itu, memberhentikan kendaraan yang melintas untuk dilakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan.

Dari pantauan Riauaktual.com, petugas memasang plang tanda pemeriksaan dengan jarak sekitar 50 meter.

Ratusan kendaraan diberhentikan oleh petugas. Bagi pengendara yang ditemukan melanggar maka kena tilang.

Tampak pula beberapa pengendara sepeda motor kaget dan berusaha menghindari razia petugas.

Beberapa pengendara sepeda motor juga ada terlihat berhenti di pinggir jalan dengan jarak sekitar 100 meter dari petugas.

Namun tak sedikit pula pengendara ya g terjaring dan pemeriksaan oleh petugas.

Kasubnit II Unit Turjawali, Ipda Jhon Hendri SH, selaku pemimpin Operasi Zebra Siak hari pertama ini mengatakan bahwa pelanggaran yang ditemukan seperti tidak ada SIM, STNK dan tidak menggunakan helm.

"Hari pertama Operasi Zebra kita temukan beberapa pengendara motor dan mobil yang melanggar dan kita tilang," kata Jhon pada Riauaktual.com di lokasi razia.

Dia mengatakan, Operasi Zebra akan dilakukan secara acak atau titik berbeda. Namun yang jelas di wilayah yang rawan terjadinya pelanggaran lalu lintas.

"Kita dari Satlantas Polresta Pekanbaru Hasri pertama di Jalan Yos Sudarso. Nanti hari kedua beda tempat lagi. Begitu juga dengan jajaran Unit Lantas Polsek," kata Jhon.

Untuk hasil sementara Operasi Zebra, kata Jhon, pengendara yang ditilang sebanyak 50 orang terdiri dari 20 STNK, roda dua 14 dan SIM 16.

"Pengendara yang ditilang menggunakan sistem E-Tilang, sehingga pembayaran langsung ke Bank," kata Jhon.

Dia menambahkan, dalam razia tersebut melibatkan tim gabungan terdiri dari Dishub Kota Pekanbaru dan TNI POM AD.

Untuk diketahui, Operasi Zebra ini serentak digelar di seluruh Indonesia,  yang akan berlangsung selama 14 hari kedepan. (IG)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index