Obama akan Pidato di Jakarta, Begini Persiapan Penyelenggara

Obama akan Pidato di Jakarta, Begini Persiapan Penyelenggara
Foto: REUTERS/Pius Erlangga.

Riauaktual.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menjadi pembicara dalam Konvensi Diaspora Indonesia pada Sabtu (1/7) mendatang. Ketua Board of Trustees Indonesia Diaspora Network (IDN) Dino Patti Djalal mengatakan persiapan menyambut Obama sudah hampir 100 persen.

"Persiapan sudah 95 persen. Ada sekitar 200 relawan yang akan membantu untuk kelancaran acara ini. Publik yang akan hadir adalah publik yang melakukan aksi kebaikan dan toleransi sebagaimana yang kita minta sebagai syarat untuk masuk," ujar Dino sebagaimana dikutip dari detikcom, Kamis (29/6/2017).

Dalam acara yang digelar di Jakarta nanti, Obama akan menyampaikan pidato dengan tema pluralisme, toleransi dan globalisasi. Dino mengatakan, pidato tersebut adalah yang pertama kali disampaikan di Asia setelah Obama tidak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

"Diaspora juga akan datang dalam jumlah yang tinggi. Terbesar dalam sejarah kongres, ada sekitar 1.000 diaspora yang mendaftar. Datang dari 134 kota dan 52 negara," jelas Dino.

"Pidato Obama di Diaspora ini adalah pidato pertama Obama di Asia setelah lengser dari presiden. Beliau kan sudah bicara di Eropa sebulan yang lalu. Jadi kita merasa terhormat sekali terutama panitia konvensi Diaspora karena ini adalah First Asia Speech yang akan dilakukan di Jakarta pada 1 Juli 2017," imbuhnya pada Senin (12/6) lalu.

Pidato sekaligus tanya jawab dalam sesi Obama akan berlangsung sekitar satu jam. Sesi tersebut terbatas hanya untuk 3.500 orang dan tamu undangan. Dijadwalkan Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi akan memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index