Akhirnya Bayi Kembar Siam Dibiayai Pemko Pekanbaru

Akhirnya Bayi Kembar Siam Dibiayai Pemko Pekanbaru
Ade Hartati bersama Diskes kunjungi bayi kembar si

PEKANBARU (RA) - Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru, Ade Hartati MPd bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Jumat (27/7) siang mengunjungi bayi kembar siam pasangan Arman (42) dan Martini Haryani (38) warga Kelurahan Pesisir, Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru yang lahir pada Jumat (20/7) sekitar pukul 16.55 WIB lalu di RSUD Arifin Achmad.

Kunjungan tersebut untuk menjelaskan bahwa biaya rumah sakit untuk ibu dan anak telah ditanggung keseluruhannya oleh Dinas Kesehatan melalui Jampersal (Jaminan Persalinan) serta Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg Helda Suryani Munir dalam kesempatan itu menegaskan bahwa seluruh biaya persalinan sang bayi selama 28 hari sudah ditanggung oleh Dinas Kesehatan Pekanbaru yang diambil dari asuransi Jampersal, saat ini Dinas Kesehatan akan mengusahakan bagaimana orang tua bayi bisa memperoleh Jamkesda untuk perawatan anak setelah 28 hari mendatang.

"Orang tua saat ini tidak perlu pusing lagi, sebab Diskes sudah menanggung semua biaya persalinan ibu dan bayi selama 28 hari kedepan, untuk biaya setelah itu, Diskes akan berupaya untuk membuat Jamkesda bagi orang tua bayi" jelas Helda.

Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru yang membidangi kesehatan, Ade Hartati MPd menyampaikan bahwa masalah penanganan bayi kembar di RSUD sangat sudah maksimal dilakukan oleh pihak rumah sakit, bahkan saat dirinya sampai di RSUD, bayi tersebut sedang dirawat didalam ruang inkubator yang didampingi langsung oleh pihak dokter.

"Penanganan RSUD terhadap bayi sudah sangat baik kalau dibandingkan dengan penanganan terdahulu, tentunya kita berharap kondisi seperti ini dapat terus terjadi, demi kenyamanan masyarakat pekanbaru dalam mendapatkan fasilitas kesehatan " ungkap Ade.

Mengenai biaya perobatan terhadap Bayi, Ade berharap kepada orang tua untuk tidak lagi cemas dalam masalah dana, sebab seluruh biaya pengobatan dan perawatan sudah ditanggug keseluruhannya oleh pihak Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan.

"Tadi sudah jelas ya, bahwa biaya semuanya sudah ditanggung bersama antara Pemko Pekanbaru dan Diskes, kita minta agar orangtua jangan terlalu panik lagi. Sekarang, segera urus edministrasi untuk mendapatkan Jamkesda itu," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index