Oktober Ini, Gedung Baru SMPN 37 Akan Ditempati

Oktober Ini, Gedung Baru SMPN 37 Akan Ditempati
Gedung SMPN 37. FOTO: ADE

PEKANBARU, RiauAktual.com - Meski di beberapa bagian masih terlihat adanya keretakan, namun hal itu tidak menghambat rencana pemindahan siswa menempati Gedung SMPN 37 Pekanbaru yang baru.

Untuk itu, seminggu sebelum ditempati, Dinas Pendidikan(Disdik) Pekanbaru akan mensosialisasikan kepada orangtua siswa.

Kepastian menempati gedung SMPN 37 tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Abdul Jamal MPd, Selasa (7/10/2014).

Jamal mengatakan, sesuai hasil rapat, semua sekolah baru akan pindah Oktober 2014 ini, kecuali SMPN 39 Jalan Seroja diundur hingga Januari 2015. Hal ini dikarenakan jalan menuju sekolah yang dekat dengan SMKN 6 itu tengah dibangun.

"Iya semua gedung sekolah yang baru dibangun, seperti 1 SMA, 4 SMP dan 4 SD akan segera ditempati Oktober ini. Kecuali SMPN 39 diundur hingga Januari 2015 karena saat ini tengah dibangun jalan," ujar Abdul Jamal.

Jamal juga menambahkan, untuk memindahkan siswa, gedung baru bukan segampang membalik telapak tangan, dibutuhkan persiapan dan kelengkapan fasilitas seperti listrik.

"Alhamdulillah itu sudah kita siapkan termasuk di SMPN 37. Soal jalan yang becek beberapa meter menuju SMPN 37, hal itu tidak terlalu masalah. Becek di suatu lokasi baru itu biasa, yang penting ada tempat berdiri anak saat apel. Kita sudah instruksikan ke kepala-kepala sekolah agar pemindahan siswa baru ini disosialisasikan kepada orangtua siswa dua minggu atau seminggu sebelum pindah," kata Jamal.

Sebelumnya, diketahui jika pembangunan SMPN 37 Pekanbaru sempat menjadi polemik berbagai pihak, pasalnya di sejumlah bagian gedung terdapat keretakan baik di bagian lantai teras maupun bagian dinding dalam gedung. Akan tetapi ke khawatiran itu akhirnya terbantahkan oleh statemen Kabid Sarana dan Prasarana Disdik Pekanbaru Katwadi MT, yang mengatakan, sepanjang keretakan itu bukan pada tiang pondasi, tidak masalah.

"Yang menjadi masalah kalau tiang pondasi retak, jika hanya pada bagian dinding dan lantai, itu tidak ada masalah. Sebab, tidak mempengaruhi struktur bangunan," ujar Katwadi beberapa waktu lalu.

Sementara informasi yang berhasil dirangkum di lapangan, bahwa gedung SMPN 37 Pekanbaru yang berada di Jalan Garuda Kecamatan Marpoyan Damai ini didanai APBD Kota Pekanbaru selama 2 tahun anggaran. Yang pertama, tahun 2012 sebesar Rp1,4 miliar dan tahun 2013 Rp900 juta. Sedangkan tahun 2014 ini Disdik Pekanbaru kembali menambah 4 RKB (Ruang Kelas Baru) dengan anggaran Rp758 juta, dimana saat ini RKB tersebut tengah dikerjakan oleh CV Mutiara Abadi. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index