Wako Pekanbaru Serahkan Beasiswa Bagi 155 Pelajar

Wako Pekanbaru Serahkan Beasiswa Bagi 155 Pelajar
Wako Pekanbaru Firdaus MT Ketika Memberi Bantuan Kepada Pelajar Kurang Mampu

PEKANBARU (RA)- Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, menyerahkan bantuan beasiswa kepada pelajar dari keluarga kurang mampu. Dana yang terkumpul dari Badan Amil Zakat (BAZ) ini di peruntukkan bagi 155 anak dari tingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA.
 
Penyerahan secara simbolik dilakukan di Aula Kantor Walikota Pekanbaru, oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus MT di dampingi Kadisdik Pekanbaru Zufadil, Kamis (25/9/2014).

Walikota dalam pidatonya menyatakan, bantuan beasiswa ini sebagai upaya Pemko untuk mengangkat warganya dari kemiskinan. " Ini salah satu bentuk bantuan di luar bentuk bantuan lainnya yang sudah di programkan pemko, baik dibidang kesehatan, perumahan dan modal kerja," ujar dia.

Diakuinya potensi BAZ untuk mengumpulkan zakat cukup besar di pekanbaru. Karena 90 persen penduduknya muslim. Apalagi terbanyak dari pemberi zakat adalah guru yang mencapai 5.000 orang dari 8.300 PNS pemko.

"Kemiskinan adalah musuh kita, makanya harus di perangi, kita harus bantu saudara kita agar keluar dari kemiskinan," tegas wako.

Wako menambahkan Pemko dari tahun 2012 telah membuat program pemberdayaan yang membantu masyarakat miskin. Tahun 2014 ini program itu akan lebih di berdayakan lagi.

"Kita melalui  Bappeda membuat sebuah lembaga untuk mengkoordinir percepatan kemiskinan dengan satu pintu. Semua data dan program Bappeda yang akan menangani," terang dia.

Kepala Kantor Kementrian Agama kota Pekanbaru, Edwar S Umar, di tempat yang sama mengatakan, jumlah siswa yang menerima beasiswa periode ini ada 155 yang terdiri dari 85 orang murid SD, 45 orang murid SMP, dan 25 orang dan 25 orang SMA.

Mereka menerima beasiswa sekali tiga bulan hingga sekolah tamat. Besaran beasiswa pertriwulan masing-masing Rp.150 ribu SD, Rp.200 ribu SMP dan Rp.250 ribu SMA.

"Sehingga total bantuan setahun bagi 155 anak tersebut Rp.88 juta," ungkapnya.
 

Laporan : ver
Editor : Don

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index