Badan Arsip Pekanbaru Ajukan DED Pengarsipan Berbasis IT Tahun Depan

Badan Arsip Pekanbaru Ajukan DED Pengarsipan Berbasis IT Tahun Depan
Walikota Pekanbaru saat meninjau pustaka daerah. FOTO: doc

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk mewujudkan pengarsipan yang berbasis Ilmu Teknologi (IT), Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Pekanbaru tahun 2015 akan mengajukan anggaran untuk Design Engineering Division (DED) Pengarsipan berbasis IT.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Zuharni, Rabu (6/8/2014) mengatakan, sesuai dengan harapan Walikota bahwa akan di lakukannya penataan pengarsipan dokumen Pemko pihaknya kini sedang merancang susunan pengajuan anggaran.

"Perencanaan arsip berbasis IT akan diajukan tahun 2015. Kita ajukan dulu DED-nya, baru kita lakukan pendaan," ujar Zuharni.

Menurutnya, setelah DED selesai tahun 2015, pengadaan akan di rencanakan dimasukkan pada tahun anggaran 2016. Pengadaan berupa peralatan IT seperti Komputer, server dan box data akan di adakan tahun 2016.

Selain mengadaan fisik penunjang arsip berbasis IT, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola arsip kedepan seperti operator komputer data juga akan di lakukan pelatihan.

Sehingga ketika perangkat IT tuntas di adakan SDM penggerak juga bisa langsung bekerja mengimput data arsip. "Setelah  pengadaan tuntas baru SDM kita  adakan pelatihan.sehingga di perkirakan target 2016 menginput data arsip sudah bisa dilakukan secara bertahap," urainya.

Menunggu realisasi pengarsipan berbasis IT berjalan, saat ini Badan Arsip dan Pustakan tetap melakukan pengimputan data secara manual. "Data tahun ini  sudah masuk dari setiap SKPD. Kini para staf Sudah melakukan  pengolahan data. Memang kita masih  memanfaatkan staf sesuai dengan keahliannya dengan sistemnya masih konfensional," tutupnya. (ver)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index