Mendapat Apresiasi Wakil Walikota dan Disdik

Khatam Al Quran Akan Jadi Agenda Tahunan di SMPN 2 Pekanbaru

Khatam Al Quran Akan Jadi Agenda Tahunan di SMPN 2 Pekanbaru
Khatam Quran. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - SMPN 2 Pekanbaru usai melaksanakan UN mengadakan acara Khatam Qur'an kelas IX, Jum'at (23/5/2014) pagi tadi. Dalam acara tersebut turut dihadiri wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kepala dinas Pendidikan Kota pekanbaru Prof Dr Zulfadil SE MBA, serta beberapa kepala sekolah SMP lainnya.

Wakil Wali Kota Pekanbaru mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan SMPN 2 Pekanbaru tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang mewajibkan sekolah membaca Al Quran sebelum belajar. Kepada para siswa diharapkan tidak sekadar pandai membaca Al Quran saja, akan tetapi memahami arti Al Quran.

Hal serupa juga diharapkan Kepala Dinas Pendidikan. Menurutnya, khatam Al Quran ini merupakan kesuksesan dari kegiatan yang diprogramkan Pemko kepada setiap sekolah tingkat menengah pertama. Diharapkan Zulfadil, kedepan dalam membaca Al Quran ini tidak hanya sekadar membaca Al Quran saja, namun perlu memahami isi kandungan Al Quran tersebut.

Kepala SMPN 2 Pekanbaru Dra Yusnaeti Ardina MPd, menjelaskan, pada Khatam tahun kedua yang diadakan di SMPN 2 akan menjadi program tahunan kedepannya. "Peserta Khatam anak kelas IX ada 192 orang beragama Islam. Tujuan dari kegiatan ini diselenggarakan adalah untuk memotivasi anak lebih giat belajar dapat mengamalkan Al Quran, untuk membentuk karakter dan akhlak mulia berdasarkan nilai-nilai ajaran Al Quran," ugkapnya.

Yusnaeti juga menambahkan, anak-anak ini dapat Khatam karena setiap pagi menjelang jam pertama belajar dimulai, terlebih dahulu membaca Al Quran mulai dari anak kelas VII hingga kelas IX sehingga hasil dari membaca Al Quran tiap akhir tahun pembelajaran khusus anak kelas IX diadakan Khatam Quran. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index