Walikota Pekanbaru Tak Ingin Narsis di Media Seperti Jokowi

Walikota Pekanbaru Tak Ingin Narsis di Media Seperti Jokowi
Walikota Pekanbaru Firdaus MT. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT ternyata memiliki cara pandang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi, jika Jokowi melakukan sidak terus didampingi oleh media, sedangkan Firdaus sidak tanpa didampingi oleh media karena dirinya merasa bahwa sidak yang dilakukannya merupakan bentuk amanah yang diberikan oleh masyarakat waktu mencalonkan diri menjadi Walikota.

Selasa malam (29/10/2013), Firdaus MT hanya didampingi oleh Ajudan dan seorang supir melakukan sidak ke pasar Jongkok Jalan HR Soberantas untuk melihat kondisi terakhir para pedagang yang dipindahkan tersebut, sebelumnya para pedagang pasar jongkok telah melakukan aksi demontrasi di Kantor Walikota menuntut Walikota tidak memindahkan mereka, namun kenyataan kemarin Wako mendapat sambutan hangat dari pedagang pasar jongkok saat dirinya sidak kesana.

"Memang kemarin saya turun, maaf ya saya merasa lebih nyaman tanpa didampingi media, saya mohon maaf kepada media tidak memberitahukan karena saya hanya ingin menjalankan amanah yang telah diberikan dua tahun lalu. Jadi saya tidak sama dengan yang lainnya, sekali sidak naik media dan dibilang sudah hebat, kalau saya tidak begitu yang penting iklas menjalankan amanah" tegasnya.

Disampaikan Wako, dalam sidak kemarin, Wako melakukan komunikasi dengan pedagang tentang bagaimana cara meningkatakan pendapatan mereka disana. Apakah nantinya akan dibangun infrastuktur, memberikan tenda bantuan, dan lampu menerangan dan sebagainya.

"Dari hasil diskusi, 2014 Pemko akan membangun fasilitas di pasar jongkok ini, hal ini dilakukan sebagai strategi untuk meramaikan pasar jongkok, jangan nantinya setelah kita pindahkan mereka ke dalam kita lepas tangan, ini tidak baik rasanya, maka 2014 kita akan prioritaskan" jelas Firdaus.

Dari sidak tersebut, Wako melihat masih banyak kekurangan di Pasar Jongkok, diantaranya dari jumlah kios yang disediakan oleh pengelola baru terisi hanya sebanyak 35 persen saja, dan ini tentu jadi PR bagi kita untuk meningkatkan minat para pedagang untuk berjualan disana.

'Kita akan gandeng Kementrian Koperasi, perbankan untuk memberikan pinjaman lunak kepada pedagang yang telah bergabung di Pasar Jongkok, selagi mereka masih patuh atas aturan yang dilakukan oleh pemeritah maka pemerintah pasti akan membantunya" tutur Firdaus.

Dalam sidak tersebut, Firdaus juga menyempatkan diri makan dan minum bersama pedagang sambil berdiskusi mengenai perkembangan pasar kedepan. Dengan keakrabat yang dibangun oleh Walikota Pekanbaru Wako tak segan-segan membagikan es krim kepada pedang "

"Ayoo, siapa yang mau es krim " sambil membagikannya kepada pedagang, anak-anak yang saat ini berada di lokasi sidak sebagaimana diceritakan ajudan Wako yang meminta namanya tidak disebutkan.

Sebelum melakukan sidak ke Pasar Jongkok, Wako juga menyempatkan diri berkeliling Pekanbaru untuk meninjau titik banjir, dan langsung memerintahkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk menggali selokan yang tersumbat akibat sampah yang menumpuk serta meminta aparat setempat untuk melakukan gontong royong dalam mengatasi banjir.

'Kalau masih bisa dibersihkan, maka pasukan kuning akan kita turunkan, namun kalau sudah tidak lagi maka alat berat akan kita turunkan untuk mengeruk parit yang tersumbat," tutur Firdaus. (tim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index