SMP Negeri 1 Sungai Pua Gelar Puisi Oktober

SMP Negeri 1 Sungai Pua Gelar Puisi Oktober
SMP Negeri 1 Sungai Pua Kabupaten Agam Sumatera Barat. ist

AGAM, RiauAktual.com - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa tahun ini, SMP Negeri 1 Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar Lomba Baca “Puisi Oktober” antarpelajar SMP/MTs dan SMA/MA se Kabupaten Agam.
 
Lomba baca puisi bebas dan kreatif itu akan berlangsung pada Senin, 28 Oktober 2013, pukul 08.00 WIB di aula Kantor Wali Nagari Sungai Pua. Panitia mengundang tiga orang dewan juri, yaitu Papa Rusli Marzuki Saria (Penyair Senior Sumatera Barat), Alizar Tanjung (Penyair dan Pegiat Komunitas Rumah Kayu Padang), dan Muhammad Subhan (Pegiat Forum Aktif Menulis Indonesia).
 
Ketua Panitia Refdinal Muzan, S.Pd., Senin (30/9) mengatakan, ide lomba ini tercetus ketika salah seorang siswa SMP Negeri 1 Sungai Pua Alfi Yetti Maysa berhasil meraih Juara 1 Lomba Baca Puisi Pelajar Tingkat SMP se Kabupaten Agam yang melakukan persiapan untuk mewakili Agam di tingkat Provinsi dan berhasil memperoleh Juara 2. Lomba di tingkat provinsi itu merupakan agenda rutin yang diadakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Sumatera Barat, yang pada waktu itu dihadiri Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Drs. Danil Depo, Camat Sungai Pua M. Arsyid, S.Sos., dan tokoh masyarakat Sungai Pua, Drs. Feri Adrianto St. Sinaro.
 
“Dari lomba-lomba sebelumnya yang anak-anak kami ikuti, ternyata di SMP Negeri 1 Sungai Pua tersimpan bakat-bakat terpendam. Kami harapkan, lewat lomba yang kami gelar ini, bakat-bakat lainnya akan semakin bermunculan, baik di Sungai Pua maupun di sekolah lainnya di Kabupaten Agam,” ujar Refdinal Muzan, Pelatih Puisi SMP Negeri 1 Sungai Pua yang juga Koordinator Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Kota Bukittinggi dan sekitarnya.
 
Diungkapkan Refdinal Muzan, lomba ini bermaksud tidak hanya mengajak generasi muda untuk mengenang betapa pentingnya menjalin kebersamaan di tengah keberagaman suku, budaya, dan bahasa di negara kesatuan ini, tapi juga diharapkan momen Sumpah Pemuda 28 Oktober mampu menjembatani semua kalangan untuk saling bersinergi dalam mengasah prestasi khususnya lewat puisi.
 
“Acara ini juga mengajak generasi muda dan kita semua untuk selalu mencintai kebiasaan membaca. Membaca karya sastra yang berbentuk puisi adalah sebuah ketekunan yang menghendaki keseriusan yang menyenangkan. Karena bahasa puisi juga mampu membuka mata dan hati para penikmatnya,” papar Refdinal Muzan, Guru SMP Negeri 1 Sungai Pua yang dipimpin Kepala Sekolah Drs. Fakhrizal ini.
 
Ditambahkan, lomba baca puisi bebas dan kreatif ini, peserta bebas menyiapkan puisinya sendiri dengan kreasi yang juga diserahkan kepada peserta agar pembacaan lebih menarik dan bervariasi.
 
Pendaftaran peserta telah dibuka untuk tingkatan pelajar SMP/MTs dan SMA/MA se Kabupaten Agam dengan jumlah peserta yang tidak terbatas dari masing-masing sekolah. Bagi sekolah yang ingin mengutus siswa terbaiknya dalam lomba ini dapat menghubungi SMP Negeri 1 Sungai Pua di nomor telepon 0752-691055 atau CP Panitia 0813 7435 9199. (rrm/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index