Wako Pekanbaru Himbau ASN Pekanbaru Kembali Pedomani Pancasila

Wako Pekanbaru Himbau ASN Pekanbaru Kembali Pedomani Pancasila

Riauaktual.com - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila (HKP) yang jatuh pada 1 Oktober  2017, Walikota Pekanbaru Firdaus menghimbau kepada seluruh Aparatur Negeri Sipil (ANS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk kembali mempedomani Pancasila.

Hal ini dikatakan Walikota Pekanbaru disela-sela upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diadakan, Minggu (1/10) di lapangan kantor walikota Pekanbaru. Upacara ini, turut dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Sekdako Pekanbaru, Kepala Dinas, Kepala Badan, Para Camat, Lurah serta seluruh Aanggota Forkompinda serta para siswa-siswi SMK, SMA, SMP, SD.

"Makna dari kelima sila dalam pancasila harus diimplementasikan dan diaplikasikan. Hal ini sesuai tema  'Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Yang Adil dan Makmur',"ujarnya

Fierdaus menambahkan, untuk membangun bangsa dan negara tercinta ini. Dibutuhkan kerja keras yang berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus pondasi dan falsafah negara.

"Kita semua, tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul. Dimana salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain. Sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup," tambahnya.

Ditambahkan Firdaus, Pemko Pekanbaru dalam hal ini akan terus berupaya memberikan nilai-nilai agar masyarakat bisa saling menghargai satu sama lainnya, walaupun berbeda, bahasa, agama dan suku untuk membangun Pekanbaru menjadi Kota Smart City yang Madani.

"Marilah kita sama-sama menjaga nilai-nilai nasionalisme yang menjadi dasar dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Kita juga harus bisa menunjukan karakter dan jati diri kita," tutupnya. (liana/nurul : MG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index