Photo : Autoevolution Spion motor

Fungsi Kaca Spion Motor Selain untuk Lihat ke Belakang

Selasa,26 September 2017 - 00:41:31 WIB Di Baca : 2289 Kali

Riauaktual.com - Kaca spion merupakan salah satu peranti yang memiliki paling banyak fungsi. Namun banyak pemilik motor yang memilih mengganti kaca spion standar dengan aftermarket dengan berbagai alasan, salah satunya, bentuk spion standar yang besar, tinggi, dan melintang keluar.

Selain itu, kaca spion standar juga acap dianggap mengganggu rider untuk bermanuver selap-selip membelah kemacetan lalu lintas. Mengingat bentuknya seperti tangan berdoa. Apalagi kalau sedang macet, sering nyenggol spion mobil.

Namun tahukah Anda bahwa selain untuk memantau kondisi kendaraan lain di belakang, spion standar ternyata juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Ya, sebagai sinyal. Seperti dilansir situs resmi Honda, Senin 25 September 2017, bentuk spion standar pada motor sebenarnya didesain dengan penuh perhitungan.

Itu berkaitan dengan lebar kaca, tinggi tangkai dan desain. Selain itu bersinggungan langsung dengan bentuk bodi keseluruhan. Untuk lebar cermin, hampir setiap pabrikan memiliki racikan masing-masing.

Berdasar perhitungan pada motor bebek, skutik dan sport, rata-rata lebar spion motor memiliki tinggi 75-80 milimeter dan lebar 130-140 milimeter. Sedangkan tinggi tangkai dari grip berkisar 10-13 sentimeter.

Selain tinggi, spion bawaan pabrik juga didesain lebih keluar dari setang kemudi agar jangkauan pandangan tak terhalang oleh tubuh atau lengan rider itu sendiri. Dengan begitu jangkauan pandang ke badan jalan akan lebih full frame.

Dengan pandangan lapang, rider tak harus sibuk menoleh ke kiri atau kanan untuk memantau situasi samping dengan berlebihan. Sebab gerakan menoleh yang tak sewajarnya bisa membahayakan karena mengganggu keseimbangan.

Untuk keamanan berkendara, bagian cermin pada spion standar bawaan pabrik dibuat agar objek yang terlihat selalu tampak lebih dekat dari situasi sesungguhnya. Intinya agar pengendara lebih waspada pada situasi sekitar.


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com